Wanita Arab Saudi Dilarang Menikah dengan Pemusik

Ilustrasi pemusik Arab Saudi (Youtube)
04 Oktober 2018 16:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, RIYADH – Pengadilan Arab Saudi melarang seorang wanita menikah dengan pria yang berprofesi sebagai pemain musik. Larangan itu dibuat karena pria pemain musik dianggap tidak layak secara agama. Arab Saudi menilai pemain musik dianggap inferior dan memiliki reputasi buruk.

Perbincangan soal larangan wanita menikah dengan pemain musik di Arab Saudi mencuat seusai persidangan atas laporan seorang calon pengantin. Wanita yang tidak disebutkan identitasnya itu tidak terima keputusan keluarganya menolak rencana pernikahan dengan kekasihnya yang berprofesi sebagai pemain musik. Penolakan itu terjadi karena pihak keluarga menilai pria pemain musik tak memenuhi syarat.

Kesal dengan keputusan keluarganya, wanita itu mengajukan gugatan secara hukum. Namun, hakim dalam persidangan justru mendukung keputusan keluarga si wanita. Keputusan itu diambil setelah mendapatkan bukti jika si calon mempelai pria adalah pemain musik yang pernah tampil di salah satu festival. Padahal, menurut si wanita calon suaminya itu adalah seorang guru yang reputasinya baik dan sangat saleh.

"Karena calon mempelai pria memainkan alat musik, maka dia tidak memenuhi syarat untuk perempuan ini dari sudut pandang agama," demikian keputusan pengadilan Arab Saudi tentang rencana pernikahan seorang wanita dengan pria pemain musik seperti dikutip dari The Independent, Kamis (4/10/2018).

Sebagai informasi, di sebagian wilayah Arab Saudi, termasuk kampung halaman si wanita, yakni di wilayah Qassim, sebelah utara Riyadh, memainkan alat musik adalah tindakan yang dilarang. Itulah sebabnya banyak orang yang memandang pemusik sebagai orang yang bereputasi buruk.