Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 4 Oktober 23, Dinasti Xin Runtuh

Peta negara China (China Maps)
04 Oktober 2018 00:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Oktober. Salah satunya runtuhnya Dinasti Xin di Tiongkok yang telah berdiri selama 14 tahun pada tahun 23 Masehi.

Ada pula sejumlah kejadian lain pada 4 Oktober yang patut dikenang. Mau tahu apa saja? Simak rangkuman Solopos.com tentang beberapa kejadian penting dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari The People History dan Wikipedia berikut ini:

23

Pasukan pemberontak menduduki dan menghancurkan ibu kota Kerajaan Dinasti Xin, yakni Chang'an. Pemimpin dinasti tersebut, Wang Mang, lantas dibunuh dua hari kemudian. Peristiwa itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Dinasti Xin yang sudah berdiri selama 14 tahun.

1302

Perang Bizantium-Venesia yang berlangsung sejak 1296 berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian damai. Republik Venesia dinyatakan menang dalam perang tersebut. Meski demikian, Republik Venesia bersedia mengembalikan beberapa wilayah Kekaisaran Bizantium yang berhasil dikuasai. Sedangkan Kekaisaran Bizantium bersedia mengganti kerugian yang dialami Republik Venesia selama perang.

1636

Pasukan Swedia mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony dalam Pertempuran Wittstock, di sebelah barat laut Berlin, Jerman. Di salah satu pertempuran di masa Perang 30 Tahun itu, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan Saxony harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Swedia hanya kehilangan sekitar 3.100 tentara.

1853

Kesultanan Ottoman menyatakan perang terhadap Kekaisaran Rusia lantaran ketegangan kedua negara yang telah berlarut-larut. Deklarasi itu lantas memicu Perang Krimea yang melibatkan beberapa negara dan berlangsung hingga 1856.

1942

Amerika Serikat diharuskan membayar pajak Perang Dunia II sebesar US$36 miliar. Adapun pajak tersebut dipakai untuk membiayai semua kebutuhan pasukan selama Perang Dunia II.

Marilyn Monroe (Biography)

1954

Model sekaligus artis seksi Amerika Serikat, Marilyn Monroe, mengumumkan perceraiannya dengan pemain bisbol terbaik dunia, Joe DiMaggio. Dia memutuskan berpisah setelah menikah selama sembilan bulan karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

1965

Paus Paulus VI tiba di New York, Amerika Serikat (AS). Hal itu menjadikan dirinya sebagai paus pertama yang berkunjung ke AS.

1966

Kerajaan Lesotho meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelummnya, Inggris telah menguasai Lesotho sejak 1869. Lesotho merupakan negara kecil di Afrika bagian selatan.

1969

Tiongkok mengumumkan uji coba peledakan bom hidrogen. Bom hidrogen biasa disebut bom termonuklir yang dipercaya sebagai senjata penghancur. Daya ledaknya jauh lebih mematikan dibandingkan bom atom.

Boris Yeltsin (Liden&Denz)

1993

Presiden Rusia, Boris Yeltsin, memerintahkan para tentara untuk membombardir gedung parlemen di Moskow, Rusia menggunakan tank. Hal itu dilakukan demi meredam aksi para demonstran yang mengungkapkan rasa tak puas mereka terhadap kinerja pemerintah. Serangan militer itu lantas menewaskan sekitar 187 orang.