362 Gempa Susulan Guncang Sulawesi Tengah Pasca-Gempa 7,4 SR

Sejumlah pasien mendapat perawatan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Perawatan di luar gedung rumah sakit tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gempa susulan. - ANTARA FOTO/HO/BNPB Sutopo Purwo Nugroho
03 Oktober 2018 23:30 WIB Muhammad Ridwan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Setelah diguncang gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) di Donggala dan Palu, rentetan gempa susulan di Sulteng tercatat sebanyak 362 kali dengan kekuatan sedang dan rendah. Jumlah tersebut berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 07.00 WIB, Rabu (3/10/2018).

“Hanya ada 12 gempa yang dirasakan oleh warga,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Sutopo menjelaskan gempa susulan yang terjadi adalah aktivitas alam yang biasa terjadi setelah gempa besar mengguncang. Setelah terjadi gempa, maka akan terus terjadi pergeseran hingga lempeng stabil.

Meski ratusan gempa masih tercatat, menurut Sutopo hal tersebut mengalami tren penurunan. Sutopo berharap ke depannya tidak ada gempa susulan yang berkekuatan lebih besar. Diharapkan gempa susulan akan terus menurun.

"Mudah-mudahan tidak ada gempa susulan yang lebih besar," ucapnya.