Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 2 Oktober 2009, Batik Jadi Warisan Budaya Indonesia

Kain batik (Solopos/Dok)
02 Oktober 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 2 Oktober. Salah satu yang cukup bersejarah adalah peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Ada juga beberapa kejadian lain yang tak kalah penting dan patut dikenang pada 2 Oktober. Mau tahu apa saja? Berikut rangkuman Solopos.com tentang beberapa kejadian penring dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari The People History dan Wikipedia:

1187
Pasukan Kekhalifahan Ayyubiyyah pimpinan Salahuddin Ayyubi berhasil merebut Yerusalem yang telah dikuasai Tentara Salib selama 88 tahun. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kekhalifahan Ayyubiyyah melakukan pengepungan selama 12 hari.

1925

Maulana Rahmat Ali tiba di Tapaktua, Aceh, dan menjadi mubalig Ahmadiyyah pertama di Indonesia. Pria asal Pakistan itu merupakan sahabat pendiri Ahmadiyyah, Mirza Ghulam Ahmad, yang diutus ke Indonesia untuk berdakwah.

1935

Pasukan Italia mulai menginvasi Etiopia dan memicu Perang Italia-Etipoia II yang berlangsung hingga Mei 1936. Perang itu berakhir dengan kemenangan Italia yang kemudian menguasai Etiopia hingga 1941.

1941

Pertempuran Moskow di Moskow, Rusia meletus setelah pasukan Uni Soviet melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman yang berusaha menguasai kota tersebut. Pertempuran Moskow berlangsung hingga 7 Januari 1942 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet.

Pasukan Uni Soviet penembak senapan anti-pesawat berada di atap salah satu hotel di Moskow, Rusia saat terlibat dalam Pertempuran Moskow, 1942. (Wikimedia.org)

1944

Pemberontakan yang dilakukan para gerilyawan di Warsawa, Polandia demi mengusir tentara Jerman berakhir. Meski melakukan pemberontakan selama 63 hari dan dibantu pasukan Sekutu, para pemberontak tak berhasil mengusir tentara Jerman. Pemberontakan itu justru menyebabkan Kota Warsawa luluh lantak lantaran pertempuran antara para pemberontak dan pasukan Jerman.

Salah satu sudut Kota Warsawa luluh lantak di masa Pemberontakan Warsawa, 1944. (Wikimedia.org)

1950

Tokoh fiksi berupa anjing jenis beagle bersama pemiliknya, Charlie Brown, dalam komik Peanuts akhirnya diterbitkan di koran. Komik karya Charles M. Schulz itu menjadi yang paling populer dan berpengaruh dalam sejarah media strip komik. Pada puncaknya, komik ini dimuat lebih dari 2.600 surat kabar dengan pembaca sekitar 355 juta orang di 75 negara yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa.

1958

Guinea meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang menguasainya sejak 1898. Guinea merupakan negara yang beraada di wilayah Afrika Barat. Guinea terkadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau.

1970

Pesawat yang mengangkut tim sepak bola Universitas Negeri Wichita menabrak gunung di Clear Creek County, Colorado, Amerika Serikat (AS). Kecelakaan pesawat itu disebabkan kesalahan yang dilakukan pilot. Akibatnya, sebanyak 29 orang tewas dan hanya sembilan orang yang selamat dalam kecelakaan itu.

1990

Peswat Boeing 737-247 milik maskapai penerbangan China dibajak dan menabrak dua lainnya ketika mendarat di Guangzhou. Insiden tersebut menewaskan sekitar 132 orang.

2009

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB secara resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya manusia untuk dunia dari Indonesia. Hari penetapan UNESCO itu lantas diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

2010

Tabrakan antara Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya dengan KA Senja Utama Semarang jurusan Jakarta-Semarang terjadi di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah (Jateng). Kecelakaan ini terjadi ketika KA Senja Utama sedang berhenti sekitar 100 m di jalur III sebelah barat Stasiun Petarukan, Pemalang. KA Argo Bromo Anggrek yang seharusnya melewati jalur II untuk menyalip justru melaju di jalur yang sama dengan yang digunakan KA Senja Utama. Akibat tabrakan tersebut, 36 orang tewas dan 50 orang lainnya luka-luka.