Perekrutan Guru Honorer di Atas 35 Tahun Sesudah Tes CPNS

Ilustrasi aksi unjuk rasa tenaga honorer K2 (Antara/Basri Marzuki)
02 Oktober 2018 15:13 WIB Ayu Prawitasari Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar seleksi perekrutan guru honorer yang berusia di atas 35 tahun sesudah tes calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Guru honorer berusia lebih dari 35 tahun tetap mendapat kesempatan menjadi pegawai pemerintah, namun, mereka mengikuti skema seleksi yang ditetapkan. Seleksi yang dimaksud merupakan seleksi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bukan seleksi CPNS.

Hal tersebut disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy saat menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (27/9/2018) seperti dirilis di laman kemendikbud.go.id, Senin (1/10/2018).

Mendikbud menjelaskan saat ini pemerintah baru membuka skema seleksi untuk CPNS, sementara seleksi untuk PPPK masih menunggu informasi data untuk dijadikan landasan kebijakan skema PPPK. “Kita baru mendata berapa jumlah guru pengganti atau guru honorer itu, kita belum melakukan telaah lebih intens berapa tingkat kebutuhannya,” ujar dia.

Isu paling utama yakni usia akan diselesaikan melalui PPPK. “Peluangnya memang yang berusia lebih dari 35 tahun. Itu akan diselesaikan melalui PPPK. Tetapi harus tetap melakukan proses seleksi,” kata Muhadjir.

Kebijakan ini membuka peluang bagi guru honorer yang berusia lebih dari 35 tahun untuk menjadi pegawai pemerintah meski statusnya bukan PNS, melainkan PPPK. Menurut Mendikbud, skema PPPK lebih fleksibel karena bisa diikuti oleh guru honorer yang berusia 20 tahun hingga dua tahun menjelang pensiun (58 tahun). Saat ini pemerintah masih menggodok kebijakan mengenai seleksi PPPK ini secara detail.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan skema seleksi yang sudah berjalan adalah CPNS. Tahun ini, pemerintah membuka 238.015 lowongan di mana 112.000 di antaranya untuk profesi guru.