Korsel Salurkan Bantuan Rp14,9 Miliar ke Sulteng

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11 - 2017). / (Antara/Puspa Perwitasari)
01 Oktober 2018 10:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar US$1 juta kepada pemerintah Republik Indonesia terkait bencana gempa dan tsunami di Pulau Sulawesi pada Jumat (28/9/2018) lalu.

Kedutaan Besar Korsel dalam keterangan pers yang diterima Antara, Minggu, mengatakan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di mana terdapat korban jiwa dan terjadi kerugian harta benda.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia pada 30 September 2018, diketahui bahwa jumlah korban meninggal dunia mencapai 832 orang, 540 orang luka-luka, 29 orang belum ditemukan.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang mencari tahu terkait skala kerugian dan jumlah korban dikarenakan terputusnya jembatan, saluran komunikasi, dan lain-lain. Bantuan kemanusiaan tersebut diharapkan bisa turut mempercepat proses pemulihan awal dan memenuhi kebutuhan darurat bagi warga setempat.

Terkait hal tersebut, pemerintah Republik Korea akan berkonsultasi dengan kementerian terkait dan juga pemerintah Republik Indonesia guna mempertimbangkan pengiriman tim SAR Republik Korea ke Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan duka cita dan simpati atas terjadinya gempa bumi yang disusul tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

"Saya menyampaikan rasa prihatin mendalam atas musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada 28 September yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia dan kerugian harta benda," tulis Presiden Moon seperti dikutip dari surat yang dirilis Kedutaan Besar Korsel di Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Atas nama pemerintah dan rakyat Korea Selatan, Moon menyampaikan belasungkawa bagi keluarga korban yang meninggal dunia dan simpati yang mendalam bagi korban yang mengalami luka-luka.

"Saya sangat berharap kegiatan pencarian dan penyelamatan korban hilang dapat terlaksana dengan lancar," kata dia.

"Semoga masyarakat Indonesia diberikan ketabahan untuk bangkit dari kesedihan dan semoga situasi di Indonesia cepat pulih di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo."