131 Gempa Susulan Guncang Donggala, 5 Cukup Keras

Gedung RSU Anutapura Palu rusak berat setelah diguncang gempa. (Twitter - @Sutopo_PN)
29 September 2018 21:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga pukul 15.00 WIB terdapat 131 gempa susulan di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, pascagempa berkekuatan 7,4 skala Richter yang mengguncang wilayah itu.

"Hingga pukul 15.00 WIB terdapat 131 gempa susulan di Donggala yang kami catat, yang sangat dirasakan ada lima gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di kantor BNPB Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Sutopo mengatakan meskipun berskala kecil, namun gempa susulan ini tetap menimbulkan trauma bagi warga yang terdampak, terutama korban yang kehilangan tempat tinggal dan keluarga.

Adapun BNPB mencatat terdapat 2,4 juta penduduk yang terkena dampak dari gempa bumi pada Jumat (28/9), dan tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Donggala serta delapan kecamatan di Kota Palu. Jumlah pengungsi di Kota Palu diperkirakan berjumlah 16.700 orang dan tersebar di 24 titik.

"Hingga pukul 17.00, data sementara korban meninggal berjumlah 384 orang, orang hilang 29 di Kelurahan Pantoloan Induk, Kota Palu," jelas Sutopo.

Sedangkan data sementara untuk korban luka berat hingga pukul 17.00 berjumlah 540 yang dirawat di lima rumah sakit yaitu RS. Woodward Palu sebanyak 28 orang, RS. Budi Agung Palu sebanyak 114 orang, RS. Samaritan Palu 42 orang, RS. Undata Mamboro Palu sebanyak 160 orang, dan RS. Wirabuana sebanyak 184 orang.

"Diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah karena proses pencarian masih terus dilakukan," tambah Sutopo.

Hingga berita ini diturunkan Sutopo menjelaskan bahwa pihak BNPB masih belum banyak mendapatkan informasi dari BPBD Kabupaten Donggala karena terputusnya berbagai layanan komunikasi di wilayah tersebut, sehingga BNPB kesulitan untuk mendapatkan data jumlah korban serta kerusakan yang terjadi.

Sumber : Antara