Tumbang 1-2 di Kandang Persibat, Posisi Persis Solo Terancam

Laga Persibat Batang vs Persis Solo di Stadion M. Sarengat Batang, Sabtu (29/9 - 2018). (Solopos / Ichsan Kholif Rahman)
29 September 2018 17:48 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, BATANG -- Persis Solo gagal meraih poin dalam laga tandang lanjutan Liga 2 Wilayah Barat melawan tuan rumah Persibat Batang di Stadion M Sarengat Batang, Sabtu (29/9/2018) sore. Sempat unggul lebih dulu, Persis akhirnya takluk di kandang Persibat dengan skor 1-2.

Pada babak pertama, kedua tim bermain hati-hati. Persibat sebagai tuan rumah pun bermain rapat sehingga area penalti mereka sulit ditembus. Serangan Persis sendiri masih mampu diantisipasi kiper Persibat karena ketatnya pertahanan tuan rumah. Hasilnya, kedua tim belum mampu mencetak gol hingga jeda.

Namun, pertahanan rapat Persibat membuat serangan Persis belum mampu menembus area penalti lawan. Akibatnya, serangan Persis diakhiri dengan tendangan-tendangan dari luar kotak terlarang yang masih lemah dan mudah diantisipasi kiper Persibat.

Babak kedua berlangsung lebih hidup. Kedua tim saling melancarkan serangan yang lebih sistematis dan mampu memberikan ancaman. Pada menit 59, Persis Solo menekan melalui sayap kiri. Bola berhasil dihalau oleh bek kanan Persibat, namun jatuh di kaki Dedi Tri Maulana yang muncul dari belakang. Dedi kemudian menusuk ke kotak penalti Persibat sebelum melepaskan tendangan dari sudut sempit yang menjadi gol. Persis unggul 1-0.

Persibat pun merespons gol tersebut dengan balik menekan. Pada menit 73, mereka mengurung pertahanan Persis yang diakhiri tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Persis, bola masih jauh meleset dari sisi kiri mistar gawang.

Namun pada menit 75, pertahanan Persis akhirnya jebol setelah Persibat melakukan serangan balik. Berawal dari lepasnya bola dari penguasaan gelandang Persis di lapangan tengah, Persibat melancarkan serangan taktis dari tengah dan sayap kanan. Tusukan di sayap kanan diakhiri umpan silang yang disambut sontekan Ugiek yang berdiri bebas di depan gawang. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol tersebut melecutkan pemain Persibat untuk terus menyerang. Hasilnya, pergerakan mereka mampu memaksa pemain belakang Persis melakukan pelanggaran di luar area penalti. Wasit pun menghadiahkan tendangan bebas untuk Persibat di menit 89. Eksekusi tendangan bebas itu sebenarnya bisa diantisipasi tembok pertahanan Persis, namun bola liar bisa dimanfaatkan Alama di sayap kanan untuk melepaskan tembakan keras ke gawang Persis. Persibat pun berbalik unggul 2-1.

Menjelang bubar, Persis masih mencoba menyamakan kedudukan melalui Dedi Tri di sisi kiri. Umpan Dedi disambut oleh Bayu Andra, namun sepakannya masih dapat diamankan oleh kiper Persibat, Mochammad Tri Febriyanto.

Skor 2-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Dengan hasil ini, posisi Persis Solo di tiga besar pun terancam karena gagal menambah poin. Padahal sebelum laga ini, Persis Solo bersama Persiraja Banda Aceh dan Aceh United sama-sama mengoleksi 29 poin.