Tsunami Terjang Palu, Donggala & Mamuju Setinggi 1,5 Meter

Kondisi Kota Palu setelah terjadi tsunami (Istimewa - Twitter)
28 September 2018 20:52 WIB Rini Y/Newswire Nasional Share :

Solopos.com, PALU --  Pacagempa 7,7 SR di Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB diikuti tsunami di Kota Palu. Warga Palu dibuat panik dengan air laut yang sudah naik ke daratan. Tsunami terjadi di wilayah Palu, Doggala dan Mamuju. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut terjadi ketinggian permukaan air laut mencapai 1,5 meter.

Dikutip Suara.com, dilaporkan air laut di Teluk Palu sempat meninggi mencapai 4 meter. Kenaikan air laut tersebut terekam sejumlah video amatir. Sementara kelompok kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengatakan air laut sempat meninggi di Teluk Palu.

"Masjid yang terekam di akhir video amatir itu adalah masjid Palu Grand Mall. Tim relawan ACT telah bergerak menuju lokasi," demikian pernyataan resmi ACT.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tsunami itu setelah gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter terjadi di semenanjung Minahasa, Sulawesi.  BMKG menyebut ketinggian tsunami bisa mencapai 3 meter.