Gempa 7,7 SR Donggala Sulteng Telan 1 Korban Jiwa

Ilustrasi gempa (Reuters)
28 September 2018 17:57 WIB Chelin Indra Sushmita Nasional Share :

Solopos.com, DONGGALA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter di Donggala, Sulawesi Tengah, menelan satu korban jiwa. Gempa yang terjadi Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB dan berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah sekitar Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat itu juga membuat 10 orang terluka.

"Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, dan puluhan rumah rusak. Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh," ujar Kepala Pusat Data Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam breaking news TV One.

Gempa ini merupakan yang kedua mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter yang berpusat di Semenanjung Minahasa, Sulawesi Utara, terjadi pukul 14.00 WIB. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat tentang potensi tsunami melalui Twitter.

Sampai saat ini, pihak BNPB masih melakukan proses evakuasi terhadap masyarakat di sekitar Donggala meski peringatan tsunami telah dinyatakan berakhir. Tetapi, Sutopo mengimbau masyarakat yang berada di Donggala bagian barat dan utara menjauhi pantai. Peringatan serupa juga disampaikan kepada masyarakat di sekitar Mamuju utara, Sulawesi Barat, dan Kota Palu, Sulawei Tengah.