Gempa 7,7 SR Donggala Sulteng Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa (Reuters)
28 September 2018 17:34 WIB Chelin Indra Sushmita Nasional Share :

Solopos.com, DONGGALAGempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer terjadi di timur laut Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Gempa ini berpusat di 27 kilometer timur laut Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa yang terjadi pada pukul 17.02 WIB itu berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah sekitar Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Gempa ini merupakan yang kedua mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter yang berpusat di Semenanjung Minahasa, Sulawesi Utara, terjadi pukul 14.00 WIB.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat tentang potensi tsunami melalui Twitter. Adapun gempa tersebut membuat sejumlah bangunan rusak dan beberapa orang terluka.

"Masyarakat yang berada di wilayah Donggala, Palu, serta Mamuju, kami imbau menjauhi pantai. Kami imbau sekali lagi, masyarakat yang tinggal di Donggala bagian batar dan Mamuju bagian utara segera menjauhi pantai," kata Kepala Pusat BNPB, Sutopo, dalam breaking news TV One.