Kereta Cepat Saudi Diresmikan, Mekah-Madinah Ditempuh 90 Menit

Kereta Haramain Express (Reuters)
27 September 2018 17:40 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, MAKAH Perjalanan menuju dua Kota Suci di Arab Saudi, Mekah dan Madinah, kini bisa ditempuh lebih cepat. Perjalanan dari Mekah ke Madinah yang berjarak sekitar 450 kilometer tersebut bisa ditempuh sekitar 90 menit menggunakan kereta super cepat yang baru saja diresmikan, Selasa (25/9/2018).

Dilansir BBC, Rabu (26/9/2018), Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud meresmikan jalur kereta cepat yang menghubungkan Kota Mekah dan Madinah pada hari Selasa. Jalur kereta cepat yang terpanjang di Timur Tengah itu menghubungkan Mekah, Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz, Rabigh, dan Madinah.

Adapun kereta super cepat yang melintasi jalur tersebut diberi nama Haramain Express. Kereta ini dapat melaju dengan kecepatan 300 kilometer per jam. Menurut Kepala Transportasi Publik Arab Saudi, Rumih bin Muhammad Al Rumaih, seperti dikutip dari Gulf News, kereta itu mulai beroperasi pada Oktober 2018 mendatang.

Kereta Haramain Express bakal mempersingkat waktu tempuh Mekah-Madinah. Perjalanan antara kedua kota yang berjarak 450 kilometer itu biasanya ditempuh dalam waktu dua jam dengan bus maupun mobil pribadi. Namun, kereta ini membuat waktu tempuh lebih singkat.

Pejabat Arab Saudi berharap proyek kereta cepat senilai US$6,7 miliar atau sekitar Rp100 triliun itu dapat membantu umat Islam yang hendak beribadah umrah maupun haji. Stasiun Kereta Mekah yang berjarak sekitar empat kilometer dari Masjidil Haram diharapkan mampu menampung sekitar 20.000 penumpang setiap jam. Rencananya, dalam sekali jalan Haramain Express bakal membawa 35 rangkaian gerbong sekaligus.