Biar Enggak Bingung, Ikuti Video Tutorial Pendaftaran CPNS 2018

Tim IT BKN. (Youtube/ASNKiniBeda)
27 September 2018 15:40 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah dibuka secara online sejak Rabu (26/9/2018). Namun tak sedikit yang tampaknya kebingungan dalam melakukan pendaftaran dengan banyaknya pertanyaan yang diterima BKN di media sosial Twitter.

Nah, demi memudahkan calon pendaftar, Badan Kepegawaian Negara telah merilis video tutorial pendaftaran seleksi CPNS 2018 di saluran Youtube-nya. Berikut tutorial yang disampaikan tim IT BKN pada videonya:

Registrasi

Calon pendaftar seleksi CPNS 2018 bisa langsung mengunjungi laman Sscn.bkn.go.id dan langsung memilih menu registrasi. Pilih formasi yang sesuai, terdapat formasi umum dan khusus.

Setelah memilih formasi, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Untuk formasi diaspora, masukkan terlebih dahulu nomor paspor, sedangkan untuk formasi atlet berprestasi, silakan masukkan nomor unik identifikasi atlet. Untuk formasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan K-2, silakan masukkan nomor peserta ujian K-2 2013.

Jika NIK atau nomor KK tidak sesuai atau tidak terlacak, bisa langsung menanyakannya ke pihak terkait dengan datang ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, Jl. Raya Pasar Minggu Km 19, Jakarta Selatan, DKI Jakarta atau melalui telepon di nomor 021-7989797.

Jika tahap di atas sudah dilakukan, calon peserta seleksi CPNS 2018 diwajibkan meengkapi data yang sesuai dengan ijazah. Masukkan foto dengan latar belakang merah berformat .jpg atau .jpeg dengan ukuran antara 120 kb hingga 200 kb. Masukkan juga e-mail dan password yang akan digunakan login ke pendaftaran. Isi jawaban pertanyaan keamanan agar bisa untuk me-reset password jika lupa.

Jika semua tahap registrasi berhasil, maka pendaftar akan mendapatkan kartu informasi akun dan diwajibkan mencetaknya. Kartu tersebut sangat penting karena akan digunakan pada tahap pendaftaran.

Pendaftaran

Setelah mendapatkan dan mencetak kartu informasi akun, pendaftar bisa menuju ke menu pendaftaran menggunakan NIK dan password yang telah dibuat. Jika lupa password, bisa klik kolom "Lupa Password" dan masukkan jawaban dari pertanyaan keamanan.

Tahap pertama pendaftaran adaah dengan mengunggah foto selfie dengan memegang KTP di tangan kanan dan kartu informasi akun di tangan kiri. Setelah itu, isikan biodata secara benar.

Pilih Formasi

Tahap selanjutnya, calon peserta seleksi CPNS 2018 bisa langsung memilih formasi yang diinginkan. Calon peserta diwajibkan mengunggah dokumen yang diperlukan. Pastikan semua data dan dokumen yang dimasukkan benar.

Jika semua sudah benar, bisa proses pendaftaran dan calon peserta seleksi CPNS 2018 bisa diakhiri akan pendaftar akan mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran yang harus dibawa saat menjalani ujian.

Bagaiamana? Cukup mudah, bukan? Yang terpenting adalah calon peserta seleksi CPNS 2018 harus berhati-hati dan tak ceroboh dalam proses pendaftaran secara online.