Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 26 September 1950, Korsel Rebut Seoul dari Korut

Tentara AS yang membantu Korsel dalam merebut Seoul dari cengkeraman Korut, September 1950. (Wikimedia.org)
26 September 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 26 September. Salah satu peristiwa bersejarah pada 26 September adalah keberhasilan pasukan Korsel yang berhasil merebut Kota Seoul dari cengkeraman pasukan Korut di masa Perang Korea.

Selain itu, ada beberapa peristiwa lain pada 26 September yang patut untuk dikenang. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 26 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1345
Pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Frisia meletus di Stavoren, Warns, Friesland. Pertempuran itu dipicu serangan pasukan Belanda yang ingin menguasai wilayah Frisia. Namun karena strategi yang buruk, pasukan Belanda kalah dalam pertempuran tersebut dan gagal menguasai Frisia.

1371
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Serbia dalam Pertempuran Maritsa di dekat Sungai Maritsa, Chernomen atau kini Ormenio, Yunani. Pasukan Kekaisaran Serbia yang ingin membalas dendam atas kekalahan dalam pertempuran sebelumnya justru mengalami kekalahan telak dengan kehilangan ribuan tentaranya. Pemimpin Kekaisaran Serbia, Vukasin Mrnjavcevic, juga tewas dalam pertempuran tersebut.

1917
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Sekutu meletus di Hutan Polygon, Belgia. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama dua hari dan berhasil dimenangi pasukan Sekutu.

1918
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menyerang pasukan Jerman di Hutan Argonne, Prancis. Serangan itu berlangsung selama hampir dua bulan dan berakhir dengan kemenangan AS. Serangan tersebut merupakan serangan terbesar sepanjang sejarah militer AS. Dalam peristiwa yang kini dikenang dengan sebutan Serangan Meuse-Argonne itu, AS mengerahkan sedikitnya 1,2 juta tentaranya.

1944
Serangan Sekutu ke Eindhoven dan Nijmegen, Belanda yang dilancarkan sejak delapan hari sebelumnya berakhir dengan kegagalan. Serangan yang disebut dengan Operasi Kebun Pasar itu tak berhasil mencapai tujuannya, yakni merebut Eindhoven dan Nijmegen dari cengkeraman Jerman.

1950
Pasukan Korea Selatan (Korsel) yang dibantu pasukan PBB berhasil merebut Kota Seoul dari cengkeraman pasukan Korea Utara (Korut). Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Korsel bersama pasukan PBB membombardir Seoul melalui serangan udara.

Sampul album Abbey Road milik The Beatles. (Thebeatles.com)

1969
Album bertajuk Abbey Road milik The Beatles resmi dirilis. Abbey Road merupakan album terakhir yang direkam sebelum The Beatles bubar. Meski Let It Be dirilis setelah Abbey Road, namun proses rekaman album Let It Be dilakukan sebelum Abbey Road.

1989
Kieran James Ricardo Gibbs lahir di Lambeth, London, Inggris. Namanya lantas menjadi tenar sebagai pemain sepak bola setelah dirinya membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Arsenal, pada 2007 silam. Gibbs membela Arsenal hingga 2017. Pada musim panas 2017 ini, Gibbs resmi pindah ke West Bromwich Albion.

Ricardo Andrade Quaresma Bernardo. (Vip.pt)

1983
Ricardo Andrade Quaresma Bernardo lahir di Lisbon, Portugal. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Turki, yakni Besiktas. Sebelumnya, Quaresma pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, antara lain Barcelona, Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

1997
Pesawat Airbus A300 milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia jatuh di Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Kecelakaan tersebut menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat berjumlah 234 orang. Kecelakaan pesawat itu merupakan kecelakaan pesawat terburuk dalam sejarah Indonesia.