Jokowi Siap Buka Kongres XXIV PWI di Solo

Lantai lobi The Sunan Hotel Solo diformat batik dan logo PWI guna menyambut Kongres XXIV PWI, Selasa (25/9/2018) (Haryono Wahyudiyanto - Espos)
25 September 2018 23:30 WIB Haryono Wahyudianto Nasional Share :

Solopos.com, SOLO-- Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di The Sunan Hotel, Solo, Jumat (28/9/2018). Rangkaian kongres akan dimulai Kamis (27/9/2018) dan berakhir Minggu (30/9/2018)

Ketua PWI Cabang khusus Surakarta, Anas Syahirul, mengatakan Jokowi sudah menyatakan siap membuka kongres pada Jumat. Pembukaan dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB. Namun  waktu itu bisa berubah menyesuaikan agenda Presiden.

“Pembukaan secara resmi oleh Presiden pada Jumat pagi, dijadwalkan juga Menteri Kominfo Rudiantara akan hadir bersama sejumlah Gubernur dari sejumlah provinsi,” kata Anas saat  mengecek venue dan kesiapan panitia lokal Solo di The Sunan Hotel, Selasa (25/9/2018). 

Dia mengatakan semua persiapan sudah final, baik panitia, peserta, hingga teknis acara di sejumlah venue yang digunakan rangkaian acara kongres.  "Persiapan sudah 90 persen. Sebanyak 105 peserta delegasi dari 35 cabang PWI siap hadir. Tinggal cheking akhir dan pelaksanaan acara," ujarnya.

Acara inti Kongres XXIV PWI adalah laporan pertanggungjawaban pengurus PWI dan pemilihan ketua PWI yang baru. Kongres dipusatkan di The Sunan Hotel.

Selain acara inti, kata Anas,  juga digelar sejumlah agenda, yaitu pra event  berupa dua seminar, yakni  Yang Muda yang Berkarya Generasi Milenial Kreatif. Seminar ini digelar Auditorium Muh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (27/9/2018) pagi.

"Seminar ini sasaran anak muda atau mahasiswa. Dengan pembicara Rubben Hatari [Facebook Indonesia], Ryan Raharjo [Google Indonesia], Fikar Muhammad [Ceknricek.com], dan Diajeng Lestari [Hijup.com]," katanya.

Setelah itu, seminar kedua di Monumen Pers Nasional (MPN) Solo, pada pukul 13.00 WIB. Seminar dengan tema Pers Kebangsaan dan Pembangunam di Era Digital dengan menghadirkan pembicara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Malam harinya, seluruh peserta mendapat jamuan makan malam oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, di Pendapi Gede Balai Kota Solo. 

"Ada acara khusus setelah kongres selesai, yakni malam refleksi yang akan di gelar Sabtu [29/9/2018] malam di Monumen Pers Nasional. Akan ada pertunjukan wayang kulit dan keroncong, kita saling sharing santai di tempat lahirnya PWI di Monumen Pers Nasional," imbuh Anas.

Acara ditutup dengan city tour keliling Kota Solo, Minggu (30/9/2018). Peserta kongres dari seluruh Indonesia akan diajak berwisata dengan Sepur Kluthuk Jaladara, bus tingkat Werkudara, dan belajar membatik di Batik Ndalem Gondosuli Laweyan.