Dituding Perkosa Gadis, Pastor Prancis Bunuh Diri di Gereja

Ilustrasi bunuh diri. (Reuters)
21 September 2018 04:10 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, ROUEN — Jean-Baptiste Sebe, 38, seorang pastor di Rouen, Prancis, harus mengalami kisah tragis setelah dituduh sebagai pelaku pemerkosaan terhadap seorang gadis. Setelah dituduh melakukan pemerkosaan dan pelecehan seksual, Jean ditemukan tewas diduga bunuh diri Gereja Saint-Jean XXIII, Rouen, Prancis, Selasa (18/9/2018).

Dikutip dari The Sun Daily, kisah tragis itu bermula kala seorang wanita yang tak disebutkan namanya melaporkan Jean kepada Keuskupan Rouen. Wanita yang memang tak dipublikasikan identitasnya itu menuding Jean telah melakukan pelecehan seksual dan mencabuli anak gadisnya yang usianya sudah tergolong dewasa.

Setelah dilaporkan kepada Keuskupan Rouen, Jean kemudian ditemukan tak bernyawa di Gereja Saint-Jean XXIII. Untuk sementara, Jean didiuga kuat tewas bunuh diri.

Meski telah dilaporkan kepada Keuskupan Rouen, polisi setempat mengaku belum menerima laporan tuduhan pemerkosaan tersebut. Hingga kini, aparat setempat belum bisa memberikan keterangan lantaran masih menyelidikin kasus tersebut secara sangat berhati-hati.

Kendati demikian, jaksa setempat, Etienne Thieffry, membenarkan aparat kepolisian setempat sedang melakukan penyelidikan di Gereja Saint-Jean XXIII. Polisi juga belum bisa memastikan penyebab meninggalnya sang pastor, apakah bunuh diri atau ada penyebab lainnya.

The Sun Daily melaporkan Gereja Katolik di beberapa negara memang kerap kali didera isu kekerasan seksual dalam 25 tahun terakhir. Salah satu skandal yang menghebohkan adalah laporan dari pengadilan Amerika Serikat (AS), Agustus lalu, yang mengungkapkan ada lebih dari 300 pastor pedofil telah mencabuli tak kurang dari 1.000 anak-anak di Pennsylvania, AS dalam kurun waktu sekitar 70 tahun.