Ekonomi Masa Depan Disokong Teknologi, Nasir Minta Pemuda Minati Science & Technology

Ilustrasi startup. (freepic.com)
12 September 2018 14:59 WIB Ayu Prawitasari Nasional Share :

Solopos.com, SITOLUAMA — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Moh. Nasir, meminta para pemuda meminati bidang science and technology karena ekonomi masa depan bertumpu pada keduanya.

Pada era revolusi industri 4.0, masa depan bangsa Indonesia bertumpu pada anak muda. Kreativitas dan inovasi anak muda akan melahirkan berbagai sumber ekonomi baru yang akan menjadi motor penggerak ekonomi bangsa. Hal ini Nasir saat acara wisuda Institut Teknologi Del, Sitoluama, Toba Samosir, Sumatra Utara, Sabtu (8/9/2018) seperti dilansir laman Kemenristekdikti.go.id.

Menristekdikti mengungkapkan Unicorn startup di Indonesia didominasi hasil pemikiran anak muda. Unicorn merupakan gelar untuk startup yang memiliki nilai valuasi (nilai dari suatu startup, bukan hanya pendanaan dari investor) lebih dari $1 miliar.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia hendaknya mampu memaksimalkan potensi sumber daya manusia. “Diperkirakan pada 2030 GDP Indonesia pada urutan ke-7 di dunia sementara pada 2050 pada urutan ke-4. Hal ini karena apa ? Sustainable Development Goals Indonesia. Oleh karena itu angkatan kerja Indonesia harus dikelola dengan baik,” kata dia.

Nasir meminta wisudawan selalu berkembang mengikuti perubahan zaman dan mencari peluang-peluang baru dalam dunia kerja. Dia berharap science and technology menjadi bidang ilmu populer sehingga minat anak-anak Indonesia pada bidang ilmu ini meningkat. “Bidang inilah yang akan menyokong ekonomi Indonesia ke depan,” ujar dia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan Ketua Pembina Yayasan Del dalam sambutannya menyampaikan Institut Teknologi Del merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah siap menyongsong tantangan revolusi industri 4.0.

“Salah satu program studi pertama yang didirikan di IT Del adalah Prodi Teknologi Informatika. IT Del telah melakukan banyak kerja sama dengan dunia Industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Luhut.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan mendukung pemuda Indonesia untuk berkontribusi pada ekonomi global di abad ke-21. Indonesia merupakan mitra yang strategis, baik pada bidang pendidikan maupun ekonomi. Donovan berharap kemitraan Indonesia dan Amerika pada berbagai bidang dapat diperkuat.

“Saya percaya masa depan Indonesia dan ekonominya bersumber dari Inovasi. Saya yakin masih banyak peluang-peluang kerja sama ekonomi yang bebas, adil, dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Amerika pada era digital,” kata dia.