Isi Surat Kim Jong-un Buat Donald Trump

Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korut Kim Jong/un (kanan) berjalan setelah makan siang di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, 12 Juni 2018. (Reuters/Jonathan Ernst)
11 September 2018 20:10 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, WASHINGTON DC — Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, diketahui telah mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, membenarkan Kim Jong-un telah mengirim surat untuk Donald Trump.

Sanders membeberkan surat dari pemimpin Korut untuk Presiden AS itu berisi kalimat yang hangat. "Itu adalah surat yang sangat hangat, sangat positif," katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/9/2018).

Sang juru bicara Gedung Putih itu juga mengungkan isi surat dari Kim Jong-un untuk Donald Trump tersebut. "Tujuan utama surat itu adalah untuk meminta dan mencari jadwal pertemuan lain dengan presiden [Trump] yang kami buka dan sudah dalam proses mengoordinasikan itu," beber Sarah Sanders.

Menurut Sanders, surat tersebut merpakankomitmen berkelanjutan terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea. Ia juga mengapresiasi parade militer di Pyongyang yang tidak menampilkan rudal nuklir jarak jauh.

Sebelumnya, orang nomor wahid di Korut dan orang nomor satu di AS itu telah menggelar pertemuan di Singapura. Dalam pertemuan tersebut, Donald Trump dan Kim Jong-un telah menyepakati sejumlah hal penting, salah satunya adalah denuklirisasi.