Kabar Duka: Sejarawan Peter Kasenda Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Peter Kasenda (Alumnisejarahui.id)
11 September 2018 14:10 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, BEKASI – Sejarawan Peter Kasenda ditemukan meninggal dunia di kediamannya di Jalan Bukit Permai Blok T Nomor 07 RT 06/06, Perum Sarigaperi, Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi, Senin (10/9/2018).

Peter Kasenda, 61, tinggal yang tinggal wilayah perbatasan DKI Jakarta dikenal sebagai sosok yang ramah oleh warga di lingkungannya.

"Orangnya ramah, baik, namun jarang di rumah," kata tetangga Peter, Ito Viktorino Faenalto, 38, Selasa (11/9/2018), sebagaimana dilansir Suara.com.

Setiap pagi hari saat di rumah, Peter menghabiskan waktunya untuk berolahraga di taman yang berjarak sekitar 100 meter dari kediamannya.

"Kalau lagi di rumah, pagi-pagi itu dia [Peter Kasenda] lari-lari di taman. Sama tetangga baik, tidak pernah ada catatan buruk," ujarnya lagi.

Ito mengaku terkejut saat mendengar Peter adalah seorang penulis buku Bung Karno sekaligus sejarawan Sang Proklamator. "Yang saya tahu dia adalah dosen saja, baru tahu kalau dia adalah seorang penulis dan sejarawan Soekarno," kata Ito.

Peter Kasenda ditemukan meninggal dunia pada Senin (10/9/2018). Jenazah Peter diketahui setelah seseorang hendak mengantar surat.

Di halaman rumah Peter Kasenda, bau tidak sempat tercium sehingga menimbulkan kecurigaan. Kemudian Ketua RT setempat melaporkan kejanggalan itu kepada petugas kepolisian. Oleh polisi, pintu rumah Peter didobrak. Mereka menemukan Peter dalam kondisi tak bernyawa dengan posisi telungkup.

Jasad Peter di bawa ke RS. Polri Kramat Jati untuk diautopsi. Dugaan sementara, meninggalnya Peter di umur 61 tahun dikarenakan mengidap penyakit.

Tokopedia

Sumber : Okezone