Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 10 September 1919, Kerajaan Austria-Hungaria Dibubarkan

Penandatanganan Perjanjian Saint/Germain/en/Laye, 10 September 1919. (Wikimedia.org)
10 September 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 10 September. Dibubarkannya Kerajaan Austria-Hungaria setelah kalah dalam Perang Dunia I merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 10 September.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1547
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Skotlandia meletus di Musselburgh, Lothian, Skotlandia. Pertempuan itu berakhir dengan kemenangan telak pasukan Inggris. Skotlandia harus rela kehilangan sedikitnya 6.000 tentaranya, sedangkan Inggris hanya kehilangan sekitar 200 hingga 600 tentaranya.

1918
Pasukan Soviet Rusia berhasil merebut Kota Kazan dari cengkeraman Cekoslowakia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Soviet Rusia melakukan pengepungan selama lima hari. Kini, wilayah Kazan masih menjadi kekuasaan Rusia.

1919
Perjanjian Saint-Germain-en-Laye ditandatangani negara-negara pemenang Perang Dunia I dengan Jerman dan Austria-Hungaria. Atas perjanjian itu, Kerajaan Austria-Hungaria—sebagai pihak yang kalah dalam Perang Dunia I—dibubarkan.

1939
Kanada mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II. Dengan begitu, Kanada juga bergabung dengan Sekutu yang saat itu masih beranggotakan Polandia, Prancis, Inggris, Selandia Baru, dan Australia.

1943
Pasukan Jerman mulai menyerang Kota Roma, Italia demi merebut wilayah Italia dari cengkeraman pasukan Kerajaan Italia dan Sekutu. Serangan Jerman ke Roma itu berlangsung hingga 2 Mei 1945. Meski telah berusaha selama lebih hampir dua tahun, Jerman tak mampu menguasai Italia.

1945
Mantan anggota Koninklijke Marine atau Angkatan Laut Belanda dan Kaigun atau Angkatan Laut Jepang membentul Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut. BKR Laut kini lantas dikenal dengan nama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Anthony Joseph Pereira alias Joe Perry. (Joeperry.com)

1950
Anthony Joseph Pereira lahir di Lawrence, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai gitaris yang tergabung dalam grup band rok, Aerosmith, dengan nama panggung Joe Perry. Nama Joe Perry menempati peringkat ke-84 dalam daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone.

1961
Kecelakaan besar terjadi di balapan Formula 1 yang digelar di sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia. Akibatnya, pembalap asal Jerman Wolfgang von Trips tewas bersama 13 penonton.

1974
Portugal mengakui kemerdekaan Guinea-Bissau yang dideklarasikan pada 24 September 1973. Sebelum itu, Portugal menguasai Guinea-Bissau sejak awal abad ke-19. Guinea-Bissau merupakan salah satu negara yang berada di Afrika bagian barat dan langsung berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Laurent Koscielny. (Paininthearsenal.com)

1985
Laurent Koscielny lahir di Tulle, Prancis. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub raksasa di Inggris, yakni Arsenal. Sejak bergabung dengan Arsenal pada 2010 silam, pemain yang biasa dipasang sebagai bek tengah telah mencetak 19 gol dari 238 kali pertandingan di Liga Inggris.