Lifestyle
Sabtu, 11 Mei 2024 - 09:35 WIB

Menyoal Minum Kopi saat Haid dengan Efek Sampingnya

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi periode menstruasi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Dipercaya memiliki banyak efek samping, banyak perempuan yang takut minum kopi saat haid atau menstruasi.

Padahal kopi merupakan minuman yang kaya manfaat, termasuk menambah energi dan mengatasi rasa kantuk saat beraktivitas. Namun, saat perempuan sedang haid, mereka akan mengalami perubahan hormon yang berimbas pada gejala PMS.

Advertisement

Sehingga hal tersebut akan mempengaruhi perubahan suasana hati secara tiba-tiba, kram perut, nyeri payudara, mudah lelah, kembung, hingga nafsu makan menurun.

Terkait hal tersebut, apakah minum kopi saat haid memang dianjurkan tidak dilakukan?

Mengutip laman Alodokter.com, hingga saat ini belum diketahui secara pasti minum kopi akan memperparah gejala PMS. Wanita yang minum kopi saat haid tidak selalu mengalami keluhan PMS yang makin parah, khususnya kalau sudah biasa mengonsumsi kopi. Jadi, tidak ada larangan untuk minum kopi saat haid.

Advertisement

Ilustrasi minum kopi. (Freepik)

Namun, bagi wanita yang kerap mengalami gejala PMS berupa kram perut, kembung, atau maag, minum kopi saat haid bisa saja memperburuk gejala tersebut. Soalnya, kandungan kafein dalam kopi bisa mengiritasi lambung dan usus, sehingga bisa memperparah keluhan perut kembung dan rasa tidak nyaman di perut saat haid.

Sementara itu, dalam laman Klikdokter.com, terdapat efek samping yang bisa dirasakan perempuan ketika minum kopi saat haid, terutama bagi mereka yang kerap mengalami gejala PMS.

Advertisement

Beberapa di antaranya, rasa nyeri haid yang dirasakan semakin parah, asam lambung meningkat, timbul rasa cemas, sulit tidur, hingga dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, banyak yang menyarankan agar kopi diganti dengan teh jahe, teh hijau, maupun teh kayu manis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif