Pengamat: Jaringan Bisnis Erick Thohir Topang Jokowi Garap Milenial

Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Ma'ruf Amin dan Erick Thohir seusai di Jakarta, Jumat (7/9 - 2018). (Antara / Akbar Nugroho Gumay)
09 September 2018 16:39 WIB John Andhi Oktaveri Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, mengakui Erick Thohir diragukan tentang penguasaannya dalam politik. Namun kemampuan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin itu bisa ditutupi kemampuan berbisnisnya.

Ujang mengakui adanya keraguan sejumlah kalangan tentang jam terbang Erick di dunia politik. Akan tetapi, dia mengatakan hal itu bukan merupakan persoalan serius.

"Kesuksesan berbisnis di tingkat dunia sudah membuktikan bahwa dia bisa memimpin tim. Sedangkan persoalan politik bisa dikerjakan oleh wakil-wakil ketua dan tim-tim di bawahnya,” ujarnya, Minggu (9/9/2018).

Ujang menilai pilihan Jokowi terhadap Erick untuk memimpin tim kampanye pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 merupakan langkah tepat. Apalagi, Erick merupakan sosok pengusaha muda yang bergerak di bidang media dan olahraga.  Selain berprestasi, Erick bisa menopang poros Jokowi-Ma'ruf guna mengimbangi kekuatan kubu Prabowo-Sandiaga yang sudah memiliki basis pemilih muda.

"Pilihan yang tepat. Untuk menandingi Sandi. Menggarap suara kaum millenial dan mengumpulkan logistik untuk Pilpres. Karena kita tahu Erick Thohir merupakan pengusaha muda sukses," ujar Ujang, Minggu.

Ujang menambahkan, bagi kaum milenial Erick bisa dijadikan contoh. Sementara, bagi para pengusaha dia juga disegani.

Sementara itu, Ketua Tim Sukses pasangan Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, mengatakan bahwa dirinya bersahabat dengan Erick Thohir. Karena itu, dia menyambut baik ketika Erick bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

"Ya bagus Erick Thohir menjadi [Ketua] Timses Jokowi-Ma'ruf, saya juga sahabatnya," kata Djoko. Dia menambahkan koalisi Prabowo-Sandiaga tidak terpengaruh dengan pemilihan Erick sebagai Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf.

Menurut rencana susunan lengkap Tim Kampanye Nasional Prabowo-Sandi baru akan diumumkan pada 20 September mendatang. Sedangkan batas waktu pengumuman 22 September 2018.

Tokopedia