Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 8 September 1941, Jerman Mulai Kepung Leningrad

Kerusakan di dekat Katedral St. Isaac, Kota Leningrad, Uni Soviet akibat serangan udara Jerman di masa Pengepungan Leningrad, 1941. (Wikimedia.org)
08 September 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 8 September. Salah satu peristiwa bersejarah pada 8 September adalah dimulai Pengepungan Kota Leningrad di Uni Soviet oleh pasukan Jerman.

Selain itu, ada beberapa peristiwa lain pada 8 September yang patut untuk dikenang. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 8 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1514
Pertempuran antara pasukan Moskow dan pasukan Lituania yang dibantu pasukan Polandia meletus di Orsha, Lituania. Pertempuran yang dikenang dengan nama Pertempuram Orsha itu dimenangi pasukan Lituania dan Polandia. Dalam pertempuran tersebut, sedikitnya 5.000 tentara Moskow tertangkap.

Patung John Harvard di halaman kampus Universitas Harvard. (Wikimedia.org)

1636
Perguruan Tinggi New College didirikan di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Perguruan tinggi itu merupakan yang pertama di AS. Pada 13 Maret 1639, nama New College diubah menjadi Harvard College sebagai bentuk penghormatan bagi donatur terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge, Inggris. Kini, perguruan tinggi tersebut dikenal dengan nama Universitas Harvard dan menjadi salah satu universitas terbaik di dunia.

1831
Pertempuran Warsawa antara pasukan Polandia dan Rusia di Warsawa, Polandia berakhir. Pertempuran yang terjadi selama dua hari dan menjadi bagian dari Perang Polandia-Rusia itu berakhir dengan kemenangan Rusia.

1941
Pasukan Jerman mulai mengepung Kota Leningrad di Uni Soviet. Pengepungan Leningrad berlangsung hingga 18 Januari 1944 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet yang berhasil memukul mundur pasukan Jerman. Pengepungan Leningrad merupakan pengepungan terbesar sepanjang sejarah dengan menewaskan lebih dari 1 juta orang.

1943
Petinggi militer Amerika Serikat (AS) Jenderal Dwight D. Eisenhower—orang yang lantas menjadi presiden ke-34 AS—mengumumkan bahwa Italia telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Pengumuman Eisenhower itu dilontarkan setelah Benito Mussolini digulingkan dari jabatannya sebagai perdana menteri Italia.

1954
Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara ditandatangani di Manila, Filipina. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Negara anggota SEATO antara lain Australia, Perancis, Selandia Baru, Thailand, Pakistan, Filipina, Britania Raya, dan Amerika Serikat (AS). SEATO lantas dibubarkan pada 30 Juni 1977.

1978
Tentara Iran menembak mati sekitar 88 orang demonstran yang menginginkan revolusi di negara tersebut. Karena terjadi pada hari Jumat, peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Jumat Hitam.

1979
Alecia Beth Moore lahir di Doylestown, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama dengan nama panggung Pink. Sebelum menjadi penyanyi solo, Pink merupakan anggota grup musik Choice dari 1995 hingga 1998.

Tim Bergling alias Avicii. (Variety.com)

1989
Tim Bergling dilahirkan di Stockholm, Swedia. Tim kemudian menjadi salah satu DJ terkenal dengan nama panggung Avicii. Pada 20 April 2018, Avicii meninggal dunia di Muskat, Oman. Penyebab kematian Avicii pada usianya yang masih muda itu pun masih simpang siur.

1991
Makedonia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Meski demikian, kemerdekaan Makedonia baru diakui PBB pada 8 April 1993.

Tokopedia