Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 6 September 1939, Afsel Nyatakan Perang ke Jerman

Surat kabar yang memuat berita tentang deklarasi perang Afrika Selatan terhadap Jerman. (Samilhistory.com)
06 September 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 6 September. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 6 September adalah deklarasi perang dari Afrika Selatan kepada Jerman.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Fernando de Magelhaens. (Tonsoffacts.com)

1522
Penjelajah asal Portugal, Fernando de Magelhaens, bersama awak kapalnya berhasil kembali ke Spanyol dan menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan keliling dunia. Maghelans melakukan perjalanan itu sejak 1519 dengan biaya dari Raja Spanyol Charles. Dalam perjalanan itu, Magelaens juga menjadi orang pertama dari Eropa yang mencapai Maluku dan membawa pulang rempah-rempah.

1939
Afrika Selatan (Afsel) mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Dengan begitu, Afsel dianggap telah bergabung dengan Sekutu dalam Perang Dunia II.

1941
Kepala Polisi di Berlin, Jerman memerintahkan semua orang Yahudi berusia di atas enam tahun untuk menyematkan tanda kuning bergambar Bintang Daud serta kata Yahudi di pakaian mereka. Hal itu bertujuan untuk membedakan orang Yahudi dengan warga lainnya. Selain itu, orang Yahudi di Berlin tidak diperkenankan meninggalkan daerah yang telah ditetapkan tanpa mendapatkan izin dari polisi.

1944
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Tartu di Estonia dari cengkeraman Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Uni Soviet menyerbu kota tersebut selama lebih dari dua pekan.

1965
Pasukan India menginvasi dan menyerang wilayah Lohore, Pakistan. Serangan tersebut merupakan pembalasan India atas operasi rahasia tentara Pakistan beberapa pekan sebelumnya ke wilayah India.

1968
Kerajaan Swaziland meraih kemerdekaan penuh dari Inggris yang menguasainya sejak 1903. Swaziland merupakan kerajaan yang terletak di Afrika bagian tenggara.

1991
Uni Soviet secara resmi memberikan kemerdekaan kepada tiga negara di wilayah Balkan, yakni Estonia, Latvia, dan Lituania. Dengan begtu, kekuasaan Uni Soviet atas tiga negara tersebut yang sudah berlangsung selama lebih dari 50 tahun secara resmi berakhir.

1991
Nama Kota Saint Petersburg di Uni Soviet dikembalikan setelah sejak tahun 1914 disebut Petrograd dan sejak 1924 disebut Leningrad. Saat diubah menjadi Petograd, pemerintah Rusia bertujuan menghilangkan kata Saint. Sedangkan nama Leningrad diberikan untuk menghormati revolusioner komunis Vladimir Lenin.

2007
Angkatan Udara Israel melaksanakan Operasi Kebun Buah demi menghancurkan situs nuklir milik Suriah. Dari operasi tersebut, Angkatan Udara Israel berhasil menghancurkan pusat penelitian nuklir di Deir ez-Zor, di Suriah bagian utara. Selain itu, serangan tersebut diduga menewaskan 10 pekerja asal Korea Utara (Korut).

Tikus Berbulu Bosavi. (Theguardian.com)

2009
Spesies baru tikus ditemukan di dekat kawah Gunung Bosavi di Papua Nugini. Spesies baru tersebut merupakan tikus terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Spesies tersebut lantas dinamai Tikus Berbulu Bosavi.

Tokopedia