Go-Food Festival The Park Solo Baru Berlangsung Setahun Penuh

Sejumlah pengunjung mendatangi stan kuliner di lokasi Go-Food Festival di The Park Mall, Sukoharjo, Rabu (5/9 - 2018). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
06 September 2018 12:15 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Gojek sebagai penyedia layanan on demand berbasis aplikasi menggelar Go-Food Festival di The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo. Acara yang dimulai Rabu (5/9/2018) itu akan berlangsung selama setahun penuh dengan melibatkan 30 stan kuliner mitra Go-Food.

VP Operation and Business Development Go-Food Festival, Brata Santoso, mengatakan alasan diselenggarakannya festival tersebut di wilayah Soloraya adalah karena Solo dan daerah di sekitarnya memiliki potensi kuliner yang bagus.

"Kota Solo merupakan kota yang dikenal dengan wisata kulinernya. Animo anak muda terhadap kuliner pun cukup tinggi sehingga menumbuhkan minat terhadap destinasi kuliner. Solo tidak hanya menawarkan makanan lezat, namun ikut mendorong tumbuhnya tempat yang nyaman dan unik untuk berkumpul," kata dia dalam acara pembukaan Go-Food Festival di The Park Mall, Rabu.

Melalui festival tersebut, dia berharap bisa memberikan alternatif tempat berkumpul dan bersantai serta menawarkan berbagai sajian kuliner dari mitra merchant terbaik Go-Food. Acara tersebut akan berlangsung hingga akhir Agustus 2019.

Sementara itu, VP Central Region Gojek, Delly Nugraha, berharap kehadiran Go-Food Festival juga bisa membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra Go-Food untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

"Dengan festival ini, pelaku UMKM bisa berkesempatan memiliki cabang di luar lokasi usaha yang saat ini ada. Festival ini juga berlangsung cukup lama, yaitu setahun ke depan," kata dia.

Melalui Go-Food Festival, para merchant Go-Food bisa membuka cabang secara cuma-cuma tanpa memerlukan biaya tambahan untuk sewa tempat, peralatan, dan jasa pelayanan sebab seluruh fasilitas sudah disediakan penyelenggara Go-Food Festival.

Selain di Solo, festival tersebut juga digelar di 11 kota lain di Indonesia. Go-Food Festival di Solo melibatkan 30 merchant terbaik dari penjualan online maupun offline.

Hal tersebut juga sebagai bentuk apresiasi Gojek terhadap merchant Go-Food yang selama ini turut serta memajukan industri kuliner di Nusantara. Go-Food merupakan layanan pesan antar makanan terbesar di Asia di luar Tiongkok.

Go-Food telah bekerja sama dengan lebih dari 250.000 merchant di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 80% di antaranya masuk kategori UMKM di bidang kuliner. Sedangkan di wilayah Solo ada lebih dari 5.000 merchant.

Delly mengatakan melalui teknologi yang ditawarkan, Go-Food disebut telah membuka akses pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM kuliner. "Mereka [UMKM] tidak perlu memiliki armada sendiri untuk memenuhi layanan pesan antar. Selain itu mereka juga kami bantu dari sisi brand awereness dan pemasaran," kata dia.

Setelah pembukaan, sejumlah stan kuliner di Go-Food Festival langsung diserbu pengunjung. Salah satu merchant yang ikut acara tersebut adalah Dapur Manado by Trutje Recipes dari Solo. Ada juga Papi Orange Float dari Sumatra.

Tokopedia