Roy Suryo Ngaku Belum Terima Surat, Kemenpora: Sudah Dikirim 3 Mei

Waketum Partai Demokrat Roy Suryo (kedua kiri) dan Ketua Bidang Hukum DPP Partai Gerindra Habiburokhman (kedua kanan)dalam diskusi Melodrama Capres-Cawapres di Jakarta, Sabtu (11/8 - 2018). (Antara / Indrianto Eko Suwarso)
05 September 2018 17:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membantah belum mengirimkan surat kepada mantan Menpora Roy Suryo soal permintaan pengembalian 3.226 aset negara yang masih dikuasai politikus Partai Demokrat tersebut. Sebelumnya, Roy Suryo melalui kuasa hukumnya, M Tigor P Simatupang, mengklaim belum mendapatkan surat dari Kemenpora.

Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan, sudah mengirimkan surat bernomor 523/SET.BII/V/2018 kepada Roy Suryo agar yang bersangkutan mengembalikan ribuan aset negara. Gatot mengatakan surat itu kali pertama dikirim ke Roy Suryo melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Beberapa hari kemudian, Kemenpora juga mengirim surat ke alamat Roy Suryo. Surat itu sendiri diterbitkan pada 1 Mei 2018.

“Sudah dikirim tanggal 3 Mei, dikirimkan melalui WA. Ya itu demi menjaga kerahasiaan Pak Roy Suryo, saya menghormati dia,” kata Gatot kepada Suara.com, Rabu (5/9/2018).

Gatot juga mengakui, Roy Suryo berargumentasi sudah mengembalikan seluruh harta negara pada tahun 2014, setelah tak lagi menjabat menpora. Tapi, Gatot menegaskan, Kemenpora tetap mengikuti hasil laporan Badan Pemeriksa Keuangan, yang menyebut terdapat barang milik negara belum dikembalikan Roy Suryo.

“Alhamdulillah, tapi kan faktanya BPK masih bertanya. Apa kita mau meragukan BPK, tidak kan?” pungkasnya.

Roy Suryo mengakui hingga kekinian belum menerima surat yang dilayangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga perihal permintaan pengembalian 3.226 aset negara, yang ditujukan kepada kliennya.

Tigor mengklaim kliennya sudah mengembalikkan aset-aset yang pernah digunakan selama menjabat sebagai menpora. Tigor akan meminta klarifikasi kepada Kemenpora perihal surat itu dan mengumpulkan data untuk disampaikan kepada Kemenpora. "Nah kita mau minta klarifikasi. Makanya saya lagi nunggu data, saya mau omongin ke Kemenpora," kata Tigor.

Dalam surat Kemenpora yang beredar dengan nomor 5.2.3/SET.BIII/2018 yang ditujukan kepada Roy Suryo, mantan Menpora itu diminta mengembalikan 3.226 unit barang milik negara yang dikelola Kemenpora. Barang aset negara itu diduga belum dikembalikan Roy Suryo saat masih menjabat Menpora. 

"Kalau mereka [Kemenpora] enggak punya itikad baik kan berarti kita gunakan tempuh jalur yang lebih tinggi lagi dari sebatas ngomong-ngomong," ucap Tigor.

Sumber : Suara.com