Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Gunungkidul

Erix Soekamti (Instagram/erixsoekamti)
04 September 2018 19:44 WIB Chelin Indra Sushmita/Jalu Rahman Dewantara Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Musisi asal Kota Gudeg, Jogjakarta, Erix Soekamti, mengalami musibah saat belajar menerbangkan pesawat. Pesawat yang dikendarainya dikabarkan jatuh di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (4/9/2018), sore.

Dikutip dari Liputan6, pesawat ringan Ultralight seri PK S160 yang dikemudikan Faslan Havisha dengan co-pilot Erix soekamti terbang dari Bandara Adisutjipto Jogja untuk latihan rutin. Nahas, ketika melintas di atas pangkalan Gading, mesin pesawat mati yang mengakibatkan pendaratan darurat di belakang kantor cabang BRI Gading, Playen, Gunungkidul, DIY.

Pesawat tersebut tersangkut di pohon. Beruntung, Erix Soekamti dan rekannya selamat tanpa mengalami luka sedikitpun. Setelah mengalami kecelakaan, vokalis grup musik Endank Soekamti itu langsung mengunggah fotonya bersama Faslan Havisha lewat Instagram story. Dia mengabarkan kepada para netizen jika kondisinya baik-baik saja.

"Puji Tuhan. Kami baik-baik saja. Latihan terbang selesai," tulis Erix Soekamti melalui akun Instagram-nya, @erixsoekamti.

Seorang warga sekitar yang menjadi saksi mata, Banu Martani, 31, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, dia melihat pesawat yang terbang oleng dari arah barat kemudia menabrak pohon mahoni di lokasi.

Tak lama kemudian pesawat tersebut jatuh dan menyangkut di pepohonan sekitar lokasi. "Saat kejadian dalam kondisi sepi, tahu-tahu ada suara brak dan warga berdatangan, beberapa lapor polisi," ucapnya.

Sementara itu Kapolsek Playen, AKP Yusuf Tianotak, menyampaikan dari informasi yang didapat, ada dua orang didalam pesawat. Pascakecelakaan, keduanya langsung dibawa ke Jogja. "Alhamdulillah keduanya selamat, langsung pergi," katanya.

Keduanya dipastikan selamat bahkan kata Yusuf salah satu korban sempat sempat mengambil gambar. Yusuf menjelaskan kejadian ini bermula saat pesawat sedang memutar di sekitar lokasi yang berada sekitar 500 meter dari lanud gading. Diduga pesawat mengalami masalah masalah di mesin dan terkena angin kencang. "Ya gangguan mesin, terus angin kencang,"ucapnya.

Erix Soekamti membagikan pengalaman pertamanya belajar terbang melalui vlog yang diunggah di Youtube, 22 Agustus 2018 lalu. Dia menjajal menerbangkan pesawat setelah melakukan berbagai persiapan. "Hari ini adalah jadwal pertamaku terbang perdana. Nah, semoga semuanya berjalan dengan lancar. Setelah ground class, setelah mengenal pesawat, sekarang jadwalnya untuk praktik terbang," terang Erix Soekamti.