Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Olimpiade 2032

Pelari Indonesia Fadlin (kanan) menyerahkan tongkat kepada Lalu Muhammad Zohri pada penyisihan Lari Estafet 4x100m Putra Asian Games 2018 di SUGBK Senayan, Jakarta, Rabu (29/8/2018). (Antara - INASGOC - Andika Wahyu)
02 September 2018 10:30 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Sukses menjadi penyelenggaraan Asian Games ke-18 tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi seusai bertemu Ketua International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Ketua The Olympic Council of Asia (OCA) Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/9/2018) siang.

Presiden menyampaikan Presiden IOC dan OCA sangat menghargai perhelatan besar Asian Games ke-18 tahun 2018 ini dari sisi partisipasi masyarakat dan sukarelawan.

“Bukan hanya hal berkaitan dengan penyelenggaraan yang beliau sangat menghargai partisipasi masyarakat, partisipasi dari volunteer yang dalam jumlah sangat besar yang bisa digerakkan, yang bisa diorganisasi,” ujar Presiden sebagaimana dilansir Setkab.go.id, Sabtu (2/8/2018).

Dengan pengalaman yang dimiliki dalam menyelenggarakan Asian Games ke-18, itulah, Presiden menyampaikan Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar.

“Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032,” pungkas Presiden akhiri pernyataan.

Tampak turut hadir mendampingi Presiden yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.