Jokowi Soal Video Pembukaan Asian Games 2018: Akrobat? Enggak Lah Bro

Atraksi sosok Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8 - 2018) malam. (Instagram/@jokowi)
30 Agustus 2018 18:10 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JOGJA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menceritakan kisah di balik kemunculannya sebagai tokoh utama dalam klip video opening ceremony Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) dua pekan lalu. Video itu menjadi perdebatan, termasuk soal apakah sosok Jokowi menunggang sepeda motor diperankan stuntman atau tidak.

Saat berpidato di Kongres Nasional XI Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, di Rich Hotel Yogyakarta, Rabu (29/8/2018), Jokowi akhirnya membuka sedikit cerita tentang rencana pembuatan video itu. Jokowi mengaku dirinya ditunjuk sebagai pemain utama video itu sejak setengah tahun lalu.

"Ini setengah tahun lalu. Saya didatangi Wishnutama [kreator video] dan Erick [Thohir]. Saya setuju, karena saya anggap profesional,” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan dirinya diberi tiga pilihan oleh Wishnutama. Pertama, melakoni konsep video yang terbilang biasa. Kedua, konsep video yang agak ekstrem, dan ketiga yang paling eksterem. Spontan Jokowi menjawab memilih yang paling ekstrem.

Jokowi mengakui, konsep video paling ekstrem itu di luar perkiraan dirinya, sebab banyak yang mengkritik penampilannya. "Saya disuruh akrobat, presiden disuruh akrobat, tidaklah bro,'' ujar Jokowi diikuti gelawak tawa para peserta kongres dan tamu undangan.

Namun, kata Jokowi, bakal menghabiskan energi kalau dia dan pendukungnya menanggapi cemoohan soal video pembukaan Asian Games 2018.

"Kalau berkutat saling mencela, mencemooh, hoaks, energi kita akan habis. Ini harus diakhiri, kita harus membangun pola pikir baru, optimisme, dan berpikir positif,'' ujar Jokowi.

Sumber : Suara.com