Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 28 Agustus 1989, Irak Klaim Seluruh Wilayah Kuwait

Tentara Irak membakar sumur minyak di Kuwait semasa Invasi Irak di Kuwait. (Wikimedia.org)
28 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 28 Agustus. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 28 Agustus adalah pernyataan pemerintah Irak yang mengklaim seluruh wilayah Kuwait sebagai provinsi di bawah pemerntah Irak.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1189
Tentara Salib memulai Pengepungan Acre di Acre, Palestina. Salah satu pengepungan yang terjadi pada masa Perang Salib III itu berlangsung hingga Juli 1191. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua tahun, Tentara Salib berhasil merebut wilayah Acre dari kekuasaan Kesultanan Ayyubiyyah.

Lukisan yang menggambarkan pengepungan pasukan Kesultanan Ottoman di Belgrade, 1521. (Wikimedia.org)

1521
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil merebut wilayah Belgrade dari kekuasaan Kerajaan Hungaria. Sebelumnya, pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung Belgrade selama beberapa hari.

1542
Salah satu pertempuran dalam Perang Ottoman-Portugal antara pasukan Kesultanan Adal dan pasukan Kerajaan Portugal meletus di Wolfa, Etiopia. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Kesultanan Adal yang berada di kubu Kesultanan Ottoman dianggap menang setelah berhasil menangkap pemimpin pasukan Portugal Cristovao da Gama yang lantas dieksekusi mati.

1810
Angkatan laut Inggris menyerah kepada pasukan Prancis dalam Pertempuran Grand Port di perairan Grand Port, Isle de France atau kini Mauritius, salah satu negara di Samudera Hindia. Pertempuran Grand Port adalah pertempuran antar-angkatan laut yang berlangsung selama sepekan.

1914
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Heligoland Bight I di perairan Heligoland Bight, Laut Utara. Pertempuran Heligoland Bight I merupakan pertempuran pertama yang terjadi di laut selama Perang Dunia I.

1916
Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rumania dalam Perang Dunia I. Tindakan Jerman itu tak lain karena beberapa hari sebelumnya Rumania telah mendeklrasikan perang terhadap Austria-Hungaria yang tergabung dalam Blok Sentral bersama Jerman dalam Perang Dunia I.

1944
Tentara Sekutu berhasil merebut Kota Marseille di Prancis dari cengkeraman pasukan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah Sekutu melakukan pertempuran melawan pasukan Jerman selama sepekan.

Ernest Francois Eugene Douwes Dekker alias Danudirja Setiabudi. (Wikimedia.org)

1950
Ernest Francois Eugene Douwes Dekker atau yang juga dikenal sebagai Danudirja Setiabudi meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada usia 50 tahun. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai salah satu dari Tiga Serangkai, selain Tjipto Mangoenkoesoemo dan Suwardi Suryaningrat. Setiabudi juga merupakan peletak dasar nasionalisme Indonesia pada awal abad ke-20 serta penggagas nama Nusantara sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka.

1989
Cesar Azpilicueta Tanco lahir di Pamplona, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Chelsea.

1990
Setelah menginvasi Kuwait dan memicu Perang Teluk, Irak mengklaim Kuwait sebagai provinsi di bawah kekuasaan Irak dengan nama Saddamiyat Al-Mitla. Sebelum Irak melontarkan klaim tersebut, pemimpin Kuwait Syekh Jaber Al Ahmed Al Sabah telah meninggalkan negaranya.

Kolom 1 hour ago

Jelalatan