Deddy Mizwar Jubir Jokowi-Ma’ruf, Gatot Nurmantyo ke Prabowo-Sandi

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut empat Deddy Mizwar didampingi istri R Giselawati Wiranegara memperlihatkan surat suara di TPS 061 Perumahan Jatiwaringin Asri, Bekasi, Rabu (27/6 - 2018). (Antara / Risky Andrianto)
28 Agustus 2018 17:59 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, memastikan bahwa mantan Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) telah bergabung sebagai juru bicara pasangan tersebut.

Padahal, Partai Demokrat telah mengusung Demiz sebagai calon gubenur di Jawa Barat pada Pilkada Jabar lalu dan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Hasto, Deddy Mizwar kini telah menjadi Jubir pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Sebagai bagian dari penggalangan dan upaya meningkatkan efektivitas tim kampanye, kami telah memutuskan dan sesuai hasil koordinasi dengan Bapak Jokowi bahwa Bapak Deddy Mizwar itu sebagai salah satu juru bicara di dalam tim kampanye nasional pasangan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf," ujar Hasto, Selasa (28/8/2018).

Hasto meyakini pengalaman aktor film itu bakal menambah amunisi kekuatan kubu Jokowi-Ma'ruf. "Sehingga dengan pengalaman yang sangat luas dari Deddy Mizwar disertai kemampuan komunikasi politik, akan menmabha kekuatan tim kampanye kami,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dikabarkan merapat ke kubu Prabowo-Sandi. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa Prabowo Subianto telah bertemu Gatot untuk membahas tim pemenangan.

Menurutnya, hingga saat ini komunikasi keduanya terjalin baik meski ada sebagian relawan berpihak mendukung pihak pasangan capres jokowi-Ma’ruf. "Komunikasi baik. Pak Prabowo sudah ketemu [Gatot]," ujar Muzani, Selasa (28/8/2018).

Kendati demikian, Muzani enggan mengungkapkan posisi Gatot untuk persiapan menghadapai Pilpres 2019, termasuk apakah masuk dalam timses atau tidak. Namun menurutnya, tokoh-tokoh yang diajak adalah yang bisa memberikan kontribusinya untuk Indonesia. "Nantilah semua yang kontribusinya bisa untuk perbaikan bangsa ini akan kita minta," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra telah menyebut nama Djoko Santoso sebagai ketua tim pemenangan. Meski begitu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih terus menggodok tim pemenangan di Pilpres 2019 bersama partai politik koalisinya.

Tokopedia