Ingin Tahu Tentang Budaya Indonesia? Klik Diversity.Id

Ditjen Kebudayaan Kemendikbud meluncurkan laman Diversity.Id yang berisi keberagaman budaya Indonesia. (Ayu Prawitasari)
26 Agustus 2018 15:25 WIB Ayu Prawitasari Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud meluncurkan laman Diversity.Id dan majalah Indonesiana. Kedua media tersebut menjelaskan tentang berbagai budaya Indonesia.

Peluncuran Diversity.Id berlangsung di Kantor Kemendikbud, Senin, (20/8/18). Desain dan corak warna kedua produk tersebut mencerminkan keragaman budaya bangsa Indonesia sekaligus persatuan dan kebinekaannya.

Acara peluncuran dihadiri para pemangku kepentingan di bidang diplomasi budaya, para pegiat budaya, sosok selebritas, tokoh media, dan perwakilan negara-negara sahabat. Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan peluncuran kedua media itu lebih dari sekadar produk publikasi. “Bagi saya penerbitan Diversity.Id dan Indonesiana lebih dari sekadar memublikasikan apa yang dikerjakan Ditjen Kebudayaan. Apa yang ada dalam kebudayaan kita ini adalah upaya kita membuat narasi yang sudah diletakan dasar-dasarnya oleh para pendiri bangsa,” ujar Hilmar saat acara peluncuran seperti dirilis laman Kemendikbud.go.id, Jumat (24/8/2018).

Untuk memenuhi kebutuhan publik dan kanal khusus diplomasi budaya Indonesia, Kemendikbud menggunakan berbagai sarana media efektif yang tersedia dengan mempertimbangkan teknologi. Kemendikbud juga memilih kemasan media yang cocok dikonsumsi warga milenial.

Laman Diversity.Id dikemas dalam jaringan (daring) atau online yang isinya diperbarui secara berkala dan terus-menerus. Sementara itu, majalah Indonesiana dikemas berbentuk cetakan dengan isi yang ditulis lebih mendalam.

Laman Diversity.Id dirancang sebagai media penyebaran informasi digital tentang berbagai segi kebudayaan Indonesia yang ditampilkan secara tematis. Dalam laman ini terdapat berbagai informasi ringan dan ringkas tentang kuliner, ritual adat, permainan rakyat, seni tradisi, serta sejumlah informasi ringan lainnya tentang budaya Indonesia.

Majalah Indonesiana, di sisi lain, dirancang sebagai terbitan berkala enam bulanan yang memuat ulasan-ulasan budaya yang cukup terperinci sambil tetap mempertahankan format narasi populer. Majalah ini akan diterbitkan dalam bahasa Inggris dan didistribusikan di kedutaan-kedutaan Indonesia di mancanegara, khususnya yang punya atase pendidikan dan kebudayaan.

Majalah disebarluaskan dalam kegiatan-kegiatan diplomasi budaya di luar negeri. Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Nadjamuddin Ramly mengatakan, laman Diversity.Id merupakan media komunikasi diplomasi dari Indonesia untuk dunia. “Saya kira dengan media diversity yang di dalamnya ada suplemen-suplemen seperti Instagram, Facebook, Twitter, Kakao talk, video blog, dan lainnya yang sekarang ini diluncurkan media sosial, bisa diklik melalui handphone. Bisa diinformasikan dan kita serap sebagai diplomasi budaya. Pemegang handphone ini merupakan influencer daripada cultural literacy. Dia menjadi duta budaya, duta kuliner, duta seni. Sepuluh objek kebudayaan tentu harus kita tularkan untuk kita diplomasikan, kita kampanyekan, dan kita sebarkan ke seluruh mancanegara,” ujarnya.

Tokopedia