Viral Video 2019 Ganti Presiden di Tanah Suci

Deklarasi 2019GantiPresiden di kawasan monumen Patung Kuda, Jakarta. (Okezone)
26 Agustus 2018 06:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Gerakan 2019 ganti presiden ternyata bergaung hingga ke Tanah Suci. Kegiatan ibadah haji di Tanah Suci oleh sejumlah jemaah haji asal Indonesia diwarnai dengan aksi spanduk 2019 ganti presiden.

Publik digegerkan oleh video dan foto viral yang merekam adanya spanduk bertuliskan 2019 Ganti Presiden di tanah suci Mekah, Arab Saudi.

Diduga, poster itu dipajang oleh sejumlah jemaah calon haji asal Indonesia. Video dan foto tersebut viral sejak Sabtu (25/8/2018) sebagaimana dikutip Suara.com.

Dalam video yang diunggah di Twitter, tampak seorang lelaki menunjukkan adanya spanduk 2019 Ganti Presiden yang tertempel di Mekah.

"Tidak sengaja kami selepas dari melempar jumrah, kami pulang ke hotel, di belakang saya ada spanduk seperti ini. Ini sangat tidak pantas, ini tanah suci, ini tanah suci. Tidak sepantasnya politik dibawa ke tanah suci. Kita sebagai tamu-tamu Allah tidak merasa terima,” tuturnya sembari menunjuk spanduk tersebut.

Video itu lantas disebar ulang oleh sejumlah pendukung bakal calon presiden petahana Jokowi.

Salah satunya, intelektual muda Nahdlatul Ulama sekaligus kader Partai Solidaritas Indonesia, Mohamad Guntur Romli.

Yang muak pada gerombolan tagar 2019 Ganti Presiden, yang politisasi ibadah haji dan mengotori tanah suci, silakan RT & sebarkan video ini!” tulisnya.

Hingga kekinian, belum diketahui siapa yang memajang spanduk tersebut di Mekah, Arab Saudi.

Tokopedia

Sumber : Suara