Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 25 Agustus 1944, Sekutu Bebaskan Paris dari Cengkeraman Jerman

Pasukan Jerman yang menduduki Paris, Prancis, 1940. (Wikimedia.org)
25 Agustus 2018 13:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 25 Agustus. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 25 Agustus adalah dibebaskannya Kota Paris di Prancis oleh Sekutu dari cengkeraman Jerman.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 25 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1580
Pertempuran antara pasukan Spanyol dan pasukan Portugal meletus di dekat sungai Alcantara, Lisbon, Portugal. Pertempuran tersebut dipicu perebutan kekuasaan di Portugal antara Raja Spanyol Philip II dan Raja Portugal Antonio. Pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan Spanyol dan memicu beberapa pertempuran lainnya di tahun yang sama.

Lukisan yang menggambarkan Revolusi Belgia. (Wikimedia.org)

1830
Revolusi Belgia meletus di Kota Brussels. Revolusi tersebut adalah upaya orang-orang Kerajaan Belanda di bagian selatan yang ingin memisahkan diri dari Belanda. Revolusi Belgia berlangsung hingga 21 Juli 1831 dan berakhir dengan kemenangan pemberontak Belgia atas Belanda. Dengan kemenangan itu, terbentuklah Kerajaan Belgia yang merdeka.

Tentara Polandia yang terlibat Pertempuran Warsawa, 1920. (Wikimedia.org)

1920
Pertempuran Warsawa antara Polandia dan Soviet Rusia yang berlangsung di Warsawa, Polandia selama 13 hari berakhir dengan kemenangan Polandia. Pertempuran Warsawa adalah salah satu pertempuran terbesar yang terjadi di masa Perang Polandia-Soviet Rusia. Meski Soviet Rusia kalah dalam Pertempuran Warsawa, Perang Polandia-Soviet Rusia belum berkahir dan terus berlanjut hingga 18 Maret 1921.

1933
Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala richter mengguncang wilayah Diexi, Mao, Szechwan, Tiongkok. Akibat bencana tersebut, sekitar 9.000 orang tewas dan 1.925 lainnya luka-luka.

1939
Inggris dan Polandia membentuk aliansi militer yang disahkan pada Perjanjian Inggris-Polandia. Dari perjanjian tersebut, Inggris berjanji untuk melindungi Polandia jika ada negara lain yang menginvasinya.

1940
Untuk kali pertama, pasukan Sekutu membombardir Kota Berlin, Jerman menggunakan serangan udara. Serangan pertama di Berlin tersebut dilakukan Angkatan Udara Inggris. Serangan tersebut adalah awal dari serangkaian serangan udara Sekutu di Berlin yang dilakukan hingga 1945.

1944
Pasukan Sekutu berhasil membebaskan Kota Paris di Prancis dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Paris telah diduduki Jerman selama lebih dari empat tahun. Atas kemenangan Sekutu itu, pemerintahan Prancis kembali berpusat di Paris setelah sebelumnya Prancis sempat membentuk pemerintahan darurat yang berpusat di London, Inggris.

1991
Belarusia meraih kemerdekaan penuh setelah sejak 1939 bergabung dengan Uni Soviet. Sebelum bergabung dengan Uni Soviet, Belarusia adalah negara merdeka sejak 1918. Sebelum 1918, Belarusia adalah bagian dari Kerajaan Lituania dan Kekaisaran Rusia.

2003
Dua bom berdaya ledak besar meletus di dua lokasi berbeda di India. Satu bom meledak di kawasan ramai di Mumbai, satu lainnya meledak di dekat Taj Mahal. Alibatnya, sebanyak 44 orang tewas dan sekitar 150 orang luka-luka.

2012
Pria yang dikenal luas sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, Neil Alden Armstrong, meninggal dunia di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS) di usia 82 tahun. Armstrong meninggal karena beberapa penyakit yang ia derita. Semasa hidupnya, nama Neil Armstrong menjadi terkenal setelah melakukan pendaratan di Bulan bersama dua astronot lainnya, Michael Collins, dan Buzz Aldrin, pada 1969.

Tokopedia