Survei LSI: Jokowi-Ma’ruf Unggul di NU, Prabowo-Sandi di PA 212

Paparan hasil survei LSI Denny JA atas pemilih Muslim di Indonesia - M. Ridwan
24 Agustus 2018 19:38 WIB Muhammad Ridwan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pemilih muslim bisa dikatakan menjadi suara mayoritas di Indonesia, setidaknya mencapai angka 85% populasi. Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Jokowi-Ma’ruf Amin  unggul di pemilih Muslim termasuk di semua kategorinya.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei pemilih Muslim dalam enam kategori, yaitu kategori asosiasi dengan organisasi (ormas), kategori pandangan agama dan politik, kategori tipe negara ideal, kategori frekuensi praktik ibadah, dan kategori tokoh panutan.

Survei dilakukan sejak 12 Agustus hingga 19 Agustus melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan 1.200  responden dan margin of error sebesar  ± 2,9 %, survei dilakukan di 33 provinsi.

Rully Akbar Peneliti LSI Denny JA saat memaparkan hasil survei, di kantornya, Jakarta, (24/8/2018). (Bisnis-M. Ridwan)

Dalam kategori asosiasi dengan ormas, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di segmen Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan ormas lainnya, sedangkan Prabowo-Sandi hanya unggul di Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Pada kategori pandangan politik dan kategori tipe negara ideal, Jokowi-Ma’ruf unggul pada semua segmennya. Pada kategori terakhir yaitu kategori pemilih berdasarkan frekuensi praktik ibadah dan kategori panutan tokoh, secara mayoritas pada beberapa segmen, Jokowi-Ma’ruf juga unggul.