Seniman dan Pemuda Jadi Fokus Kerja Sama Indonesia-Hongkong

Indonesia dan Hongkong bekerja sama di bidang kebudayaan yang melibatkan pemuda dan seniman. (Kemendikbud)
24 Agustus 2018 15:20 WIB Ayu Prawitasari Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republik Rakyat Tiongkok, bekerja sama dalam bidang kebudayaan, khususnya yang melibatkan seniman dan pemuda.

Sebelumnya, pada 2017 lalu, kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama di bidang kebudayaan. Selanjutnya dalam sebuah diskusi pada Senin (20/8/2018) lalu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) Didik Suhardi menerima kedatangan Sekretaris Dalam Negeri Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republik Rakyat Tiongkok, Lau Kong Wah.

Dalam diskusi tersebut, Didik Suhardi didampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Maman Wijaya, dan Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Suharti. Didik mengatakan Kemendikbud memiliki program beasiswa untuk mahasiswa asing belajar budaya dan bahasa Indonesia di perguruan tinggi Tanah Air. Program beasiswa itu disebut Darmasiswa Republik Indonesia.

“Kami lihat warga Hongkong tahu tentang Indonesia, tetapi tidak tahu banyak. Pertukaran budaya ini sangat penting, dimulai dari generasi muda,” katanya seperti dilansir di laman Kemendikbud, Kamis (23/8/2018). Hilmar Farid menuturkan Indonesia memiliki banyak koleksi budaya.

Kemendikbud berharap Indonesia dan Hongkong bisa saling bertukar koleksi budaya untuk dipamerkan di wilayah masing-masing. Sesuai kesepakatan di nota kesepahaman, Kemendikbud akan menindaklanjuti program residensi seniman. “Melalui program residensi seniman, seniman-seniman kita bisa bekerja dekat, bersama, di area yang sama. Jadi ada hubungan emosional antara seniman Hongkong dan Indonesia,” tutur Hilmar.

Sekretaris Dalam Negeri Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republik Rakyat Tiongkok, Lau Kong Wah, mengapresiasi pembukaan Asian Games 2018 yang memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia. “Kami melihat persatuan dalam keberagaman [unity in diversity]. Semoga banyak generasi muda Hongkong yang datang ke Indonesia dan mempelajari budaya Indonesia. Kami juga berharap generasi muda Indonesia bisa datang ke Hongkong sehingga kedua generasi bisa bekerja sama untuk masa depan,” kata Lau Kong Wah yang menduduki posisi pejabat setingkat menteri tersebut.

Berdasarkan penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dengan Hongkong pada tahun lalu, ada lima ruang lingkup kerja sama yang disepakati kedua pihak. Kelima bidang itu adalah kesenian, film, museum dan galeri, gastronomi, serta pendidikan budaya.

Indonesia dan Hongkong sepakat mempromosikan dan memperkuat kerja sama di bidang budaya dan seni serta berkontribusi untuk kemajuan dan kesadaran bersama. Tujuannya tercipta rasa hormat, pengertian, dan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Hongkong.

Tokopedia