Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 23 Juli 1949, Konferensi Meja Bundar Digelar

Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda, 23 Agustus 1949. (Wikimedia.org)
23 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 23 Agustus. Digelarnya Konferensi Meja Bundar merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 23 Agustus.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 23 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

634
Khalifah pertama, Abu Bakar, meninggal dunia di Madinah pada usia 61 tahun. Selain dikenal sebagai khalifah pertama, Abu Bakar juga dikenal luas sebagai sahabat Nabi Muhammad dan juga sebagai Ash-shabiqun Al-awwalun atau orang-orang yang paling awal memeluk Islam. Sepeninggal Abu Bakar, umat Islam di tanah Arab dipimpin Umar bin Khattab.

Ilustrasi salah satu pertempuran di masa Perang Opium I. (Wikimedia)

1839
Dalam Perang Opium I, Inggris berhasil berhasil merebut Hong Kong dari kekuasaan Dinasti Qing. Meski demkian, perang masih berlangsung hingga 1842 dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Inggris lantas menguasai Hong Kong hingga 1860 dan kembali mendudukinya pada 1941 sampai 1945.

1866
Kerajaan Prusia dan Kerajaan Austria menandatangani perjanjian damai di Praha, Cekoslowakia demi menghentikan Perang Prusia-Austria yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan. Dari perjanjian tersebut, Prusia secara resmi menaklukkan beberapa kerajaan merdeka, antara lain Bavaria, Hanover, Hesse-Kassel, Holstein, Schleswig, Nassau, dan Frankfurt.

1942
Pertempuran Stalingrad yang melibatkan pasukan Uni Soviet melawan pasukan Blok Poros meletus di Stalingrad atau kini Saint Petersburg, Rusia. Pertempuran itu berlangsung selama lebih dari lima bulan dan berakhir dengan kemenangan Uni Soviet.

1943
Pertempuran Kursk berakhir setelah pasukan Uni Soviet melakukan serangan besar-besaran ke kubu pasukan Jerman di Kursk, Rusia. Atas kemenangan itu, Uni Soviet berhasil mengambil alih wilayah Kursk yang sebelumnya dikuasai Jerman.

1944
Pasukan Sekutu berhasil membebaskan Kota Marseille di Prancis dari cengkeraman Jerman. Pembebasan wilayah Marseille itu adalah salah satu upaya Sekutu mengambalikan kedaulatan Prancis yang direbut Jerman sejak 1940.

1949
Konferensi Meja Bundar diselenggarakan di Den Haag, Belanda. Konferensi ini berakhir dengan kesediaan Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Indonesia dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Hasil konferensi tersebut baru ditandatangani 2 November dan mulai berlaku pada 27 Desember 1949.

1963
Band legendaris asal Inggris, The Beatles, merilis lagu bertajuk She Loves You. Lagu tersebut langsung memuncaki tangga lagu di Inggris selama lebih dar empat pekan. She Loves You adalah karya The Beatles terlaris di Inggris.

Glen Johnson kala masih berseragam Liverpool. (Mirror.co.uk)

1984
Glen McLeod Cooper Johnson lahir di London, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2009 hingga 2015. Setelah membela Liverpool selama enam musim, Johnson pindah ke Stoke City, klub yang ia bela hingga kini.

1991
Armenia meraih kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sebelumnuya, pada 1922, wilayah Armenia digabungkan dengan wilayah Georgia dan Azerbaijan menjadi Republik Sosialis Federasi Soviet (RSFS) Transkaukasia. Lalu pada 1936 sampai meraih kemerdekaan pada 1991, Armenia berdiri menjadi wilayah sendiri sebagai Republik Sosialis Soviet (RSS) Armenia walaupun masih menjadi bagian dari Uni Soviet.