Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 22 Agustus 1945, Badan Keamanan Rakyat Dibentuk

Ilustrasi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR). (Okezone)
22 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Agustus. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 22 Agustus adalah dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) oleh PPKI.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

851
Pasukan Bretagne berhasil mengalahkan pasukan Francia Barat dalam Pertempuran Jengland di Grand-Fougeray, Bretagne. Pertempuran itu dipicu pasukan Francia Barat yang ingin menguasai wilayah Bretagne. Atas kemenangan itu, Bretagne berhasil mempertahankan kemerdekaan.

1138
Pertempuran antara pasukan Inggris dan Skotlandia meletus di dekat Northallerton, Yorkshire, Inggris. Pertempuran itu dipicu pasukan Skotlandia yang menyerbu wilayah Yorkshire. Peristiwa yang dikenang dengan sebutan Pertempuran Standar itu hanya berlangsung sehari dan berakhir dengan kemenangan Inggris.

Arca Amoghapasa. (Wikimedia.org)

1268
Pada Prasasti Padang Roco, disebutkan Raja Singhasari di Jawa, Kertanagara, menghadiahkan sebuah Arca Amoghapasa kepada Raja Melayu Dharmasraya di Sumatera, Tribhuwanaraja. Dengan hadiah tersebut, diharapkan rakyat Melayu Dharmasraya di Sumatera bersuka cita.

1798
Pasukan Prancis tiba di Kilcummin, Irlandia untuk membantu pasukan pemberontak Irlandia yang bertempur melawan pasukan Kerajaan Irlandia dan Kerajaan Inggris sejak 24 Mei. Meski sudah dibantu Prancis, pasukan pemberontak tak mampu mengalahkan pasukan kerajaan hingga pemberontakan berakhir pada 12 Oktober.

1910
Jepang dan Korea menandatangani Perjanjian Jepang Korea 1910. Atas perjanjian itu, wilayah Korea secara resmi menjadi kekuasan Jepang. Namun pada akhir Perang Dunia II, tepatnya pada 2 September 1945, Jepang melepaskan kekuasaannya atas Korea.

Penampakan Kota Leningrad di Uni Soviet kala dikepung pasukan Jerman, 1941. (Wikimedia.org)

1941
Pasukan Jerman menyerang Kota Leningard atau kini Saint Petersburg, Uni Soviet sebagai bagian dari Operasi Barbarossa. Dalam serangan itu, Jerman gagal menguasai kota tersebut. Meski demikian, pasukan Jerman lantas melakukan pengepungan yang kemudian dikenal sebagai Pengepungan Leninggard yang berlangsung dari 8 September 1941 hingga 27 Januari 1944. Meski mengepung selama lebih dari dua tahun, pasukan Jerman gagal merebut Kota Leninggard dari kekuasaan Uni Soviet.

1944
Pasukan Jerman menyerbu sembilan desa di Lembah Amari, Pulau Kreta dan membantai penduduknya. Aikibat pembantaian itu, sebanyak 194 warga sipil tewas. Peristiwa itu tragis itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Amari atau Pembantaian Kredos.

1945
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menjaga keamanan di wilayah Indonesia. Pada 5 Oktober di tahun yang sama, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan diubah lagi pada 26 Januari 1946 menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Nama tersebut kembali diubah pada 3 Juni 1947 menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipakai hingga kini.

1968
Warga Cekoslowakia berdemonstrasi di depan markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Kota New York, Amerika Serikat. Demonstrasi itu dilakukan untuk memprotes invasi yang dilakukan pasukan Uni Soviet ke Cekoslowakia. Selain di New York, demonstrasi besar-besaran juga terjadi di ibu kota Cekoslowakia, Praha.

1989
Giacomo Bonaventura dilahirkan di San Severino Marche, Italia. Kini, Bonaventura menjadi pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Italia, AC Milan.