Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 21 Agustus 1522, Portugal Bangun Benteng di Sunda Kelapa

Prasasti Perjanjian Sunda/Portugal. (Wikimedia.org)
21 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 21 Agustus. Salah satu peristiwa bersejarah pada 21 Agustus adalah disepakatinya perjanjian antara Kerajaan Portugal dan Kerajaan Pasundan yang memperbolehkan Kerajaan Portugal membangun benteng di Sunda Kelapa.

Selain itu, ada beberapa peristiwa lain pada 21 Agustus yang patut untuk dikenang. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 21 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1522
Kerajaan Portugal dan Kerajaan Pasundan menyepakati sebuah perjanjian yang memperbolehkan Kerajaan Portugal membangun benteng di Sunda Kelapa atau kini Jakarta. Perjanjian tersebut diabadikan melalui sebuah prasasti bernama Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal. Prasasti tersebut sempat menghilang dan kembali ditemukan pada 1918 saat Sunda Kelapa sudah berubah menjadi Batavia dan dikuasai pemerintah Hindia-Belanda.

1911
Mona Lisa, lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci yang juga disebut La Gioconda, dicuri dari Museum Louvre di Paris, Prancis. Lukisan itu dicuri oleh Vincenzo Peruggia, seorang pegawai Museum Louvre yang percaya bahwa lukisan tersebut harus dikembalikan ke Italia untuk dipajang di galeri seni di Italia. Mona Lisa lantas ditemukan dua tahun kemudian ketika Peruggia hendak menjualnya ke sebuah galeri seni di Italia.

Lukisan Mona Lisa. (Cdiscount.com)

1914
Pertempuran Charleroi antara pasukan Jerman dan pasukan Prancis di dekat Charleroi, Belgia meletus. Pertempuran tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Atas kemenangan itu, wilayah kekuasaan Jerman di Belgia semakin luas setelah beberapa hari sebelumnya berhasil menduduki ibu kota Belgia, Brussels.

1918
Pertempuran Somme II yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan Sekutu pecah setelah pasukan Jerman menyerbu wilayah dekat Sungai Somme, Prancis. Pasukan Sekutu berhasil menang dan mengusir pasukan Jerman.

1942
Pertempuran Tenaru yang melibatkan pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon. Pertempuran tersebut dipicu serangan darat pertama yang dilakukan Jepang selama Kampanye Guadalkanal demi mengusir tentara Sukutu. Pasukan Jepang kalah dalam pertempuran tersebut dan harus rela kehilangan lebih dari 750 tentaranya, sedangkan Sekutu hanya kehilangan sekitar 40 tentaranya.

1942
Bendera Nazi Jerman berkibar puncak Gunung Elbrus, puncak tertinggi di Pegunungan Kaukasus. Pengibaran bendera sebagai klaim kekuasaan Jerman atas Gunung Elbrus itu berlangsung di tengah-tengah Pertempuran Kaukasus antara Jerman dan Uni Soviet. Sayangnya, meski sudah mengibarkan bendera, Jerman kalah dari Uni Soviet dalam Pertempuran Kaukasus yang mengharuskan pasukan Jerman angkat kaki dari Pegunungan Kaukasus.

1945
Pasukan Angkatan Laut Indonesia berhasil mengalahkan pasukan Jepang yang menguasai lautan Indonesia. Hari kemenangan tersebut lantas diperingati sebagai Hari Maritim Nasional setiap tahunnya hingga kini.

1959
Hawaii secara resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS). Hawaii menjadi negara ke-50 yang bergabung menjadi negara bagian AS. Hingga kini, Hawaii menjadi wilayah terakhir yang bergabung dengan AS.

Kim Ki-bum. (Youtube)

1987
Kim Ki-bum lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi anggota grup Super Junior (Suju) dengan sapaan akrab Kibum. Selain itu, Kibum juga dikenal sebagai aktor yang pernah membintangi beberapa judul film layar lebar dan serial televisi.

1988
Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang wilayah Bihar, India, perbatasan antara India dan Nepal. Becana alam tersebut menyebabkan lebih dari 50.000 bangunan runtuh dan sedikitnya 709 orang meninggal dunia.