Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 20 Agustus 636, Pasukan Muslim Kuasai Suriah dan Palestina

Sungai Yarmuk di Suriah, lokasi Pertempuran Yarmuk antara pasukan Muslim Arab dan pasukan Bizantium. (Wikimedia.org)
20 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Agustus. Dikuasainya wilayah Suriah dan Palestina oleh pasukan Musim merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 20 Agustus.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 20 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

636
Pasukan Muslim Arab yang dipimpin Khalid bin Walid berhasil menguasai Suriah dan Palestina setelah mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium dalam Pertempuran Yarmuk. Pada pertempuran tersebut, pasukan Muslim Arab kehilangan sekitar 4.000 tentaranya, sedangkan Kekaisaran Bizantium harus kehilangan sekitar 70.000 hingga 120.000 prajuritnya.

917
Pasukan Bulgaria pimpinan Kaisar Simeon I mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Leo Phocas dalam Pertempuran Achelous di dekat Laut Hitam. Pertempuran tersebut dipicu perebutan wilayah di Semenanjung Balkan antara kedua kekaisaran tersebut.

Tentara Rusia yang ditahan pasukan Jerman di Brussels, Belgia, Desember 1914. (Wikimedia.org)

1914
Kota Brussels di Belgia berhasil diduduki pasukan Jerman yang telah melakukan invasi selama dua pekan. Meski sudah berhasil menguasai Brussels, Jerman terus berusaha menguasai seluruh wilayah Belgia. Jerman akhirnya berhasil menguasai seluruh wilayah Belgia pada 31 Oktober 1914.

1944
Pertempuran Rumania antara pasukan Blok Poros dan pasukan Uni Soviet meletus setelah pasukan Uni Soviet menyerbu wilayah timur laut Rumania. Setelah bertempur selama sembilan hari, pasukan Uni Soviet akhirnya berhasil mengalahkan pasukan Blok Poros yang terdiri atas tentara Jerman dan tentara Rumania.

1983
Andrew Russell Garfield lahir dari rahim Lynn Hillman di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor ternama yang membintangi sejumlah judul film layar lebar sejak 2007.

1985
Alvaro Negredo Sanchez dilahirkan di Madrid, Spanyol. namanya lantas dikenal luas sebagai bintang sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Real Madrid dan Manchester City. Kini, Negredo membela salah satu klub di Turki, Besiktas.

1990
Seiring runtuhnya Uni Soviet, Estonia secara resmi mendapatkan kemerdekaan penuh. Estonia adalah negara yang bergabung dengan Uni Soviet sejak 1940.

Jembatan Suramadu. (Wikimedia.org)

2003
Pembangunan Jembatan Suramadu resmi dimulai. Jembatan tersebut rampung dibangun pada 1 Maret 2009. Dengan panjang 5.438 meter, jembatan yang menghubungkan Surabaya di Pulau Jawa dengan Bangkalan di Pulau Madura itu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

2008
Pesawat milik maskapai penerbangan Spanair jatuh setelah beberapa saat lepas landas dari Bandara Barajas di Madrid Spanyol. Sebanyak 172 orang meninggal seketika dan delapan lainnya meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit. Pihak berwenang yang telah melakukan investigasi menyatakan kecelakaan pesawat tersebut disebabkan kesalahan pilot saat lepas landas.

2016
Serangan bom bunuh diri mendera sebuah pesta pernikahan orang Kurdi yang digelar di Sahinbey, Gaziantep, Turki. Sebanyak 57 orang tewas seketika dan 66 lainnya terluka. Tentara Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.