Son Heung-min Bawa Korsel Depak Kyrgystan, Ditantang Iran di 16 Besar

Son Heung Min (Reuters/Dylan Martinez)
20 Agustus 2018 23:32 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, BANDUNG -- Gol semata wayang Son Heung-Min ke gawang Kyrgizstan pada babak kedua, berhasil membawa Korea Selatan (Korsel) melaju ke babak 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2018 Grup E. Korsel akan menghadapi Iran di babak 16 besar.

Gol pemain Totteham Hotspurs itu tercipta di menit ke-63 melalui sepakan voli. Korea menang 1-0 dalam laga ketiga Grup E Asian Games yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Penyerang Tottenham Hotspurs, Son Heung-Min, langsung diturunkan sejak menit pertama. Son dipercaya sebagai kapten dalam laga kali ini.

Jalannya pertandingan babak pertama, Korea langsung mengincar gol cepat agar bisa memastikan tiket ke-16 besar sepak bola. Mereka mengurung pertahanan Kyrgizstan sejak peluit dibunyikan wasit.

Ketatnya lini pertahanan Kyrgizstan membuat serangan Korea hampir selalu diblok. Delapan hingga sembilan pemain Kyrgizstan selalu berada di dalam kotak penalti sehingga begitu menyulitkan para penyerang Korea untuk menciptakan peluang.

Kesulitan menembus lini pertahanan Kyrgizstan ini tak diimbangi dengan strategi alternatif Korea, bahkan bermain monoton. Mereka selalu mengandalkan serangan melalui Son Heung Min. Namun langkah Son selalu tertahan, pasalnya saat Ia memegang bola, dua hingga tiga pemain Kyrgiszstan langsung membayangi pergerakannya.

Korsel memiliki dua kesempatan mencetak angka melalui sepakan bebas dekat kotak penalti. Pertama, pada menit 32 melalui sepakan Son Heung-Min, namun masih membentur pagar hidup. Kemudian di menit 35, sepakan bebas Hwang Ui Jo masih melambung di atas mistar gawang.

Sementara Kyrgizstan hanya mengandalkan serangan balik. Namun tak ada peluang berbahaya yang berhasil diciptakan anak-anak asuh Igor Kudarenko tersebut. Hingga paruh pertama berakhir skor imbang 0-0.

Pada awal babak kedua, pelatih Korea menarik Hwang Ui Jo dan memasukan Hwang Hee Chan guna menambah daya gedor di lini depan. Tim berjuluk Taegeuk Warriors itu tetap tak mengendorkan tempo permainannya dan memaksa pemain Kyrgizstan bertahan di laga pamungkas Grup E Asian Games 2018 ini.

Son Heung-Min mampu membawa Korea unggul 1-0 pada menit ke-63. Berawal dari tendangan sudut, bola yang mengarah tepat kepada Son, langsung dimaksimalkan dengan sepakan voli terukur. Setelah gol tersebut, Korea terus mengurung pertahanan lawan.

Area sayap kiri, menjadi wilayah yang sering diekspoitasi melalui aksi Kim Jinya maupun Lee Seung-Woo. Beberapa kali, dua pemain tersebut mampu mengirimkan umpan lambung maupun melakukan tusukan langsung ke dalam kotak penalti.

Son Heung-Min hampir menggandakan keunggulan di menit 86. Akan tetapi, sepakannya masih bisa ditepis kiper Kalysbek Akimaliev. Tak lama setelah itu, giliran Hwang Hee-Chan yang hampir saja menjebol gawang Kyrgistan pada perpanjangan waktu. Berhasil mengecoh kiper dan tinggal berhadapan dengan gawang kosong, sepakannya begitu lemah, sehingga bek Kyrgizstan langsung menutupnya.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Korea. Atas hasil ini, Korea akan mendampingi Malaysia melaju dalam babak 16 besar. Di laga babak 16 besar Kamis (23/8/2018) pukul 19.30 WIB, Korea Selatan akan ditantang Iran sebagai runner up Grup F.

Tokopedia

Sumber : Newswire