Kisah Unik: Miliarder Ini Punguti Sampah

Zhong Congrong, miliarder yang rajin memunguti sampah (Odditycentral)
19 Agustus 2018 11:40 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, CHONGQINGKebanyakan orang berpikir miliarder hidup enak dilayani sejumlah asisten. Miliarder tak perlu melakukan pekerjaan rumah apapun karena sudah diurus oleh asisten mereka. Tapi, tidak semua miliarder melakukan hal tersebut. Ada seorang miliarder yang justru menghabiskan waktu luangnya untuk memunguti sampah di pinggir jalan.

Aksi unik tersebut dilakukan seorang pengusaha sukses asal Chongqing, Tiongkok, Zhong Congrong. Pria berusia 52 tahun itu memiliki kebiasaan unik, yakni memunguti sampah di jalanan kota. Berbekal tongkat dan plastik, dia memunguti sampah yang berserakan di jalan.

Zhong Congrong melakukan hal unik tersebut karena kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan. Dia sama sekali tidak jijik saat memunguti sampah. Sayang, aksinya tersebut sempat dipandang rendah oleh masyarakat. Mereka mengira pengusaha itu tidak waras.

Bahkan, keluarganya pun bingung melihat perilaku Zhong Congrong yang unik tersebut. Mereka sering dimintai penjelasan oleh wartawan tentang kebiasaan eksentrik Zhong Congrong. Namun, seiring berjalannya waktu, pikiran negatif dari masyarakat tentang sosok Zhong Congrong berubah. Mereka kini berbalik mendukung dan ikut mengampanyekan kebersihan lingkungan bersamanya.

"Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus dibiasakan. Permasalahan sampah semestinya diatasi bersama, tidak peduli seperti apa latar belakang orang tersebut," kata Zhong Congrong seperti dilansir Oddity Central, Sabtu (18/8/2018).

Zhong Congrong melakukan aksi memunguti sampah mengenakan kaus berwarna oranye terang yang menarik perhatian. Dia rajin melakukan aksi unik tersebut ketika memiliki waktu luang. "Mengandalkan disiplin dari diri sendiri tidaklah cukup untuk mengatasi permasalahan soal sampah. Jadi, harus ada orang yang memulai tindakan semacam ini," sambung Zhong Congrong.

Zhong Congrong bukan satu-satunya miliarder yang mau memunguti sampah. Pada 2014 lalu, ada seorang jutawan berdarah Korea dan menetap di Bahrain yang menggemparkan dunia dengan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dia selalu meluangkan waktunya memunguti sampah di jalanan setiap hari.