Punya Banyak Kartu ATM? Tukar dengan 1 Kartu GPN, Gratis!

Ilustrasi menghitung uang rupiah. (Bisnis/Dwi Prasetya)
19 Agustus 2018 21:30 WIB Bayu Jatmiko Adi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Pawai kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) menjadi penanda dibukanya kampanye GPN di Solo. Pawai tersebut digelar di area Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (19/8/2018). Selanjutnya mulai Senin (20/8/2018) akan digelar pekan penukaran kartu yang melibatkan 12 bank di wilayah Soloraya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto, mengatakan saat ini kartu ATM sudah tersedia di bank-bank. Masyarakat pun didorong untuk segera menukarkan kartu lamanya dengan kartu ATM GPN.

"Kami dengan OJK [Otoritas Jasa Keuangan], pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat melakukan kampanye dan kick off GPN. Sejak saat ini masyakat sudah bisa menukarkan kartunya dengan GPN. Ini dilakukan nasional," kata dia saat ditemui wartawan di sela acara kick off GPN tersebut di Ngarsopuro, Minggu.

Bandoe memastikan penukaran kartu GPN bisa dilayani di bank-bank secara gratis. "Syaratnya juga mudah, cukup kartu identitas dan kartu ATM yang lama. Prosesnya cepat dan saldo tidak berkurang," terang dia.

Pelayanan penukaran kartu juga akan dilayani di beberapa kampus, kantor pemerintah daerah, hotel dan beberapa perusahaan serta beberapa kantor. Selain itu penukaran juga dilayani di 12 bank. Di antaranya adalah BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI Syariah, BPD Jateng, Bank Syariah Mandiri, BCA, Bank Bukopin, Bank CIMB Niaga, Bank Panin Indonesia dan Bank Mayapada.

Terkait target penukaran selama pekan penukaran mulai 20-27 Agustus, Bandoe tidak mematok target khusus. Namun dia berharap penukaran bisa dilakukan sebanyak-banyaknya. Sedangkan pada 2022 nanti diharapkan semua masyarakat sudah menukarkan kartunya dengan kartu GPN.

Sementara itu Wali Kota Solo, F. X. Hadi Rudyatmo, yang hadir dalam acara pembukaan kampanye GPN tersebut menyambut baik hadirnya GPN. Memurutnya hadirnya GPN akan mendukung program pembayaran nontunai yang selama ini sudah digalakkan di Solo. "Jika menggunakan kartu GPN ini tentu masyarakat dimudahkan tidak perlu membawa banyak kartu dan uang tunai," kata dia.

Disebutkan kampanye GPN bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat serta acceptance dan willingness masyarakat terhadap GPN. GPN merupakan sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. GPN dinilai mampu menghubungkan berbagai transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran, sehingga mampu menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas.

Interkoneksi adalah keterhubungan antara jaringan sistem yang satu dengan jaringan sistem lainnya, sementara interoperabilitas adalah kondisi dimana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur lain selain dari infrastruktur penerbit instrumen yang bersangkutan. GPN diharapakan mampu menciptakan sistem pembayaran yang lancar, aman, efisien, dan andal.

Tokopedia