Media Asing Komentari Aksi Jokowi Freestyle Naik Moge

Presiden Jokowi berjoget saat Via Valen membawakan lagu Meraih Bintang di pembukaan Asian Games 2018 di SUGBK Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam. (Twitter - @netmediatama)
19 Agustus 2018 19:00 WIB Adib Muttaqin Asfar/Antara Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kejutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (18/8/2018), membuat media berbagai negara melontarkan komentar. Pertunjukan spektakuler itu membuka mata dunia, meski diwarnai perdebatan di antara netizen Indonesia.

Video yang terpampang di SUGBK itu menunjukkan cerita bagaimana Presiden Jokowi menunggang motor Paspampres, Yamaha FZI. Selain menjadi trending topic dunia, Opening Ceremony Asian Games 2018 diliput hampir seluruh media internasional. Ekspresi tulisan mereka pun beragam, mulai yang sangat terkesan hingga mengakui kejujuran pemerintah atas kemacetan Jakarta.

"Asian Games 2018 begin with explosive opening ceremony in Jakarta," tulis Times of India, Sabtu. "Sindiran atas kemacetan lalu lintas di Jakarta, pertunjukan warisan budaya yang berwarna, dan pesan perdamaian Indonesia, dipadukan dalam opening ceremony Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8/2018)."

Media asal India itu menceritakan cerita Presiden Joko Widodo -- yang digambarkan dalam video itu -- mengendarai sepeda motor ke stadion setelah rombongan mobilnya terjebak kemacetan Jakarta. Mereka menyebut Jokowi menunggang motor ala jagoan dengan melompati beberapa kendaraan untuk meloloskan diri dari macet.

Sementara itu, News18.com menyebut tepuk tangan paling meriah diberikan untuk bangsa Indonesia. "Presiden memberikan standing ovation kepada kontingennya. Ini adalah pemandangan luar biasa yang tak tergambarkan di sini saat ini," tulis News18.com.

BAI Media melalui akun Twitter @BAI_Media menuliskan pujian atas keseluruhan opening ceremony itu. "Pembukaan yang dramatis oleh Indonesia dan pertunjukan kekayaan budaya yang gemilang."

Media populer asal Singapura, The Straits Times, juga menyinggung drama Jokowi naik motor itu. "Seremoni dibuka dengan drama pendek menggambarkan Presiden Jokowi yang kabarnya dilakukan stuntman dengan sepeda motor sebelum berkendara menembus kemacetan menuju stadion," tulis media itu.

Kantor berita Reuters juga menuliskan hal serupa. "Presiden Jokowi masuk ke Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan cara yang tidak biasa dan dramatis. Mengendarai motor ke panggung sebelum secara resmi membuka Asian Games 2018."

Direktur Kreatif upacara pembukaan Asian Games ke-18, Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Minggu, mengungkapkan cerita di balik aksi Jokowi tersebut. Ia mengatakan dirinya yang mengusulkan ide tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Jokowi orangnya asyik, santai, jadi kita ngomong ide segala macam jadi ke-eksplor. Sempat khusus dipanggil berkali-kali, berdua saja, akhirnya saya sendiri yang mengusulkan.

Tidak ada pesan apapun, pure konsep kreatif. Tidak ada hubungannya sama politik," tegas Wishnutama.

Tokopedia