Karnaval Anak TK Bercadar di Probolinggo, Orang Tua: Tahu-Tahu Diberi Senjata

Foto karnaval anak TK mengenakan pakaian serba hitam dan cadar serta menenteng replika senjata di Probolinggo. (Facebook - Nanisha Effendy)
18 Agustus 2018 21:08 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Karnaval murid PAUD/TK memperingati HUT ke-63 RI di Probolinggo yang kontroversial disebut-sebut tak disangka-sangka. Meski dari awal anak-anak tersebut disiapkan untuk mengenakan baju serba hitam dan bercadar, kabarnya para orang tua tak tahu jika akhirnya diberi replika senjata.

Namun, kabarnya para guru dipanggil pihak Dinas Pendidikan karena kasus ini. Hal itu terungkap dalam screenshoot percakapan di sebuah grup pesan instan yang dibagikan di akun Twitter @speedymeter, Sabtu (18/8/2018). Dia mengonfirmasi isi video tersebut yang terjadi di Probolinggo, kota kelahirannya.

"Soal karnaval 17-an di Probolinggo, kota kelahiran gue, adalah benar adanya. TK dalam foto adalah TK Kartika yang mana seharusnya berafiliasi dengan institusi militer setempat. Berikut dari orang tua murid yang kebetulan teman SMP gue. Guru sudah dipanggil Diknas infonya," kicau @speedymeter.

Dalam screenshot percakapan yang dia unggah, dia mempertanyakan soal konsep penampilan anak-anak itu dalam karnaval itu. Seseorang menjawab bahwa wali murid tak tahu soal konsepnya, namun saat hendak berangkat tahu-tahu diberi replika senjata.

Sebelumnya, video ini sudah diunggah di akun Facebook Ahmad Zainullah. Unggahan ini sudah dibagikan hingga 449 kali. "Karnaval TK d Kota Probolinggo, tapi pakaiannya kok seperti ini, membawa senjata lagi, Bukankah ini seperti menanamkan jiwa kekerasan? Mereka masih anak2 loh? Ada yg tau ini dari TK mana? Klarifikasi dong?" tulis akun itu.

Banyak komentar yang menyayangkan peristiwa itu. Sebagian komentar mengkritik penampilan anak-anak tersebut karena dinilai identik dengan kelompok militan. Namun, sebagian lainnya menyoroti replika senjata yang dinilai tak pantas diterapkan pada anak-anak.

Informasi yang beredar, anak-anak yang mengenakan pakaian dan cadar serba hitam dengan menenteng replika senjata ini adalah murid TK Kartika Kodim 0820. Laman Jatimnow.com menuliskan Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal mengonfirmasi hal itu.

"Iya betul," kata dia yang dilansir situs tersebut, Sabtu (18/8/2018). Polisi masih mengklarifikasi kejadian tersebut dengan pihak pengelola sekolah.

Tokopedia