Kabar Duka: Penyanyi Senior Aretha Franklin Meninggal Dunia

Aretha Franklin (Reuters/Jason Reed)
17 Agustus 2018 11:40 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Penyanyi Aretha Franklin meninggal dunia di kediamannya di Detroit, Kamis (16/8/2018). Artis Amerika Serikat tersebut mengembuskan napas terakhir pada usia 76 tahun.

Juru bicara Aretha Franklin, Gwendolyn Quinn mengungkapkan penyebab kematian Aretha Franklin adalah kanker pankreas stadium akhir.

Pada masa kejayaannya di akhir 60-an seperti dilansir Antara dari Nytimes , Aretha Franklin membawa semangat musik gospel ke dalam lagu sekuler yang lebih dari sekadar romansa. Lagu-lagu hits-nya seperti Do Right Woman - Do Right Man, Think, (You Make Me Feel Like) A Natural Woman, dan Chain of Fools, mendefinisikan tentang konsep wanita modern, sensual dan tangguh, sabar, penuh cinta tetapi tidak begitu saja menerima keadaan.

Aretha Franklin memiliki lebih dari 100 single di tangga lagu Billboard, termasuk 17 Top 10 pop single dan 20 No.1 R&B Hits. Wanita penyanyi juga menerima 18 Grammy Award, serta penghargaan a Life time Achievment pada tahun 1994.

Dia adalah wanita pertama yang masuk dalam Rock & Roll Hall of Fame pada tahun 1987. Aretha Franklin juga bernyanyi pada inagurasi Barack Obama di tahun 2009, pra-inagurasi Jimmy Carter tahun 1977 dan Bill Clinton di tahun 1993 serta pada pemakaman Dr. Martin Luther King Jr di tahun 1968.

Penyanyi R&B wanita sukses seperti Natalie Cole, Whitney Houston, Mariah Carey, dan Alicia Keys, secara terang-terangan mengaku meniru Aretha Franklin. Malah, ketika majalah Rolling Stone menempatkan Aretha Franklin di posisi pertama pada 100 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa, Mary J.Blige memujinya.

"Aretha adalah anugerah dari Tuhan. Ketika dia datang untuk mengekspresikan diri melalui lagu, tidak ada orang yang bisa menyentuhnya. Dia adalah alasan mengapa wanita ingin bernyanyi," ungkap Mary J.Blige.

Tokopedia

Sumber : Antara