Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Resmi Wakapolri, Arif Sulistyanto Kabareskrim

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) memberi keterangan pada wartawan usai meninjau rutan cabang Salemba Mako Brimob Kelapa Dua pasca kerusuhan di Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5). Kapolri meninjau Mako Brimob pasca insiden antara narapidana teroris dengan petugas yang mengakibatkan lima anggota Polri dan seroang teroris meninggal dunia. ANTARA FOTO - Indrianto Eko Suwarso
17 Agustus 2018 16:08 WIB Sholahuddin Al Ayyubi Nasional Share :
Solopos.com, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian resmi menujuk Komjen Pol Ari Dono Sukmanto sebagai Wakapolri dan Irjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kepala Bareskrim yang baru setelah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ari Dono menggantikan Syafruddin yang diangkat sebagai Menteri PAN-RB.
Menurut Tito, alasan pihaknya menunjuk  Ari Dono Sukmanto sebagai Wakapolri, karena Ari Dono dinilai telah berhasil memimpin Bareskrim Polri dan banyak menangani perkara dengan profesional. Selain itu, menurut Tito, Ari Dono juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik saat bertugas jadi Kapolda Sulawesi Tengah.
"Pak Ari Dono Sukmanto juga menangani Satgas Pangan dengan baik dan selesai. Jiwa leadership beliau yang termasuk tenang itu bisa membantu saya sebagai Kapolri," tuturnya, Jumat (17/8/2018).
Tito mengatakan alasan pihaknya memilih  Arief Sulistyanto sebagai Kepala Bareskrim menggantikan  Ari Dono. Alasannya, karena selama menjabat Asisten SDM Kapolri, Arief telah membuat banyak prestasi sejak proses rekrutmen anggota Polri hingga membentuk SDM yang lebih baik.
Tito berharap, posisi baru Arief Sulistyanto itu bisa mendorong penanganan sejumlah kasus besar hingga terorisme di Indonesia. "Saya berharap Pak Arief nanti jadi Kabareskrim bisa membangun citra yang baik di bidang reserse. Saya harap Pak Arief juga bisa membuat gebrakan dan menangani kasus-kasus konvensional," katanya.