Nonton Upacara HUT RI di Istana, Warga Lempar Sampah Sembarangan

Paskibraka mengibarkan Bendera Merah Putih dalam rangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8 - 2018). (Antara / Hafidz Mubarak A)
17 Agustus 2018 14:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Antusiasme warga mewarnai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (17/8/2018). Namun, warga yang berdatangan menyaksikan upacara tersebut banyak yang mengabaikan kebersihan di kompleks Istana.

Warga yang turut menyaksikan upacara tersebut berlangsung menyulap pelataran Istana Kepresidenan menjadi arena piknik dadakan yang dipenuhi sampah. Dilansir Suara.com, warga berbondong-bondong datang ke area depan Istana Kepresidenan tepatnya dekat Taman Pandang Istana sejak Jumat pagi.

Mereka ingin menyaksikan secara langsung prosesi pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih meskipun hanya bisa melihat dari balik layar besar di depan Istana. Tak sedikit dari warga yang menggelar makanan di tepi jalan sambil menunggu prosesi pengibaran. Mereka pun tak segan untuk melempar bungkus sisa makanan mereka ke jalanan.

Minimnya tempat sampah di sekitar Istana Kepresidenan membuat warga membuang sampah sembarangan. Apalagi tak juga ada kantong sampah yang disediakan di sekitar lokasi.

Tampak botol-botol bekas minuman hings sampah plasti memenuhi tepi jalan utama menuju Monumen Nasional (Monas). Meski panas terik menyengat Jakarta, warga terus berdatangan ke lokasi upacara. Semakin siang sampah-sampah itu semakin menumpuk, tak ada petugas kebersihan bersiaga di sekitar lokasi.

Tokopedia

Sumber : Suara.com