Tinggalkan Jokowi Setelah Dikunjungi Prabowo? JK: Usil Aja!

Bakal calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kedua kanan) melambaikan tangan usai pemeriksaan awal tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8) sebagian bagian persyaratan capres dan cawapres Pilpres 2019. - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
16 Agustus 2018 04:30 WIB Lingga Sukatma Wiangga Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Menurut Prabowo, pihaknya menemui JK karena ingin berpolitik dan berdemokrasi yang baik.

"Terkadang kita berada ditempat yang bersaing kan sebagai rival. Tapi itulah politik yang baik, demokrasi yang baik. Bersaing, berkompetisi dengan keras. Tapi tetap bersahabat," ujarnya di Rumah Dinas Wakil Presiden, Rabu (15/8/2018). 

Dirinya dan Sandiaga Uno, kata Prabowo, yang sudah mendaftarkan sebagai capres-cawapres dalam Pilpres 2019 menemui JK sesuai dengan adat istiadat bangsa Indonesia yakni yang muda menemui senior untuk bersilaturahmi.

Pihaknya pun meminta restu guna melaksanakan suatu pekerjaan untuk rakyat Indonesia kepada JK. Prabowo pun mengatakan berikutnya pihaknya akan meminta waktu bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang merupakan calon petahana dalam Pilpres tahun depan.

"Saya juga pada saatnya akan minta waktu kepada Pak Jokowi, kita tetap ingin melaksanakan demokrasi yang dewasa. Yang baik, yang santun. Supaya demokrasi kita kelihatan sangat matang. Mungkin setelah 17 Agustus," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, JK mengamini Prabowo. Menurutnya, isi pembicaran membahas bagaimana pemilu yang baik, jujur, dan adil, serta demokratis bisa dilaksanakan tahun depan. 

"Tidak bisa berpihak yah. Sebagai politisi bisa saja kita berpihak tapi sebagai wapres harus menjaga hubungan dengan elemen bangsa", ujarnya.

JK pun menyanggah dalam pertemuan itu dirinya diminta kubu politik Prabowo untuk menyebrang dari koalisi Jokowi. "Endak, pertanyaanmu usil aja," kata JK ketika ditanyai perihal tersebut.

Dalam pertemuan yang diinisiasi kubu politik Prabowo itu hadir pula pengusaha nasional yang juga adik ipar JK, Aksa Mahmud  beserta anaknya Erwin Aksa. Tampak pula hadir Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Pertemuan tersebut berlangsung hampir satu jam. Prabowo datang sekitar pukul 20.55 WIB. Lima menit kemudian Sandiaga menyusul kedatangan Prabowo tersebut.