Korban Jembatan Runtuh Italia 37 Tewas 16 Luka

Petugas penyelamat berada di dekat salah satu bagian Jembatan Morandi yang runtuh, Rabu (15/8/2018). - Reuters
15 Agustus 2018 15:48 WIB R Bambang Aris Sasangka Internasional Share :

Solopos.com, GENOA - Jumlah korban tewas akibat runtuhnya Jembatan Morandi di kota pelabuhan Italia, Genoa, Selasa (14/8/2018), melonjak menjadi 37  orang pada Rabu (15/8/2018).  Sebelumnya jumlah korban tewas dilaporkan sebanyak 26 orang. Jembatan berusia 50 tahun itu runtuh sepanjang 80 meter pada Selasa saat hujan lebat melanda wilayah itu. 

Perhatian kini terpusat pada kondisi jembatan tersebut, khususnya soal kemampuannya menahan lonjakan arus lalu lintas dan tonase barang yang melintas. Menteri Perhubungan Italia Danilo Toninelli pada Rabu menyatakan pihaknya sudah memulai proses untuk mendepak pemegang konsesi jembatan itu yaitu perusahaan penyelenggara layanan jalan tol, Autostrade, yang merupakan anak perusahaan kelompok usaha Atlantia. Dia juga mendesak jajaran pemimpin Autostrade mengundurkan diri. 

"Autostrade per l'Italia gagal memenuhi kewajibannya sesuai kontrak untuk mengelola infrastruktur ini," kata Toninelli dalam wawancara dengan stasiun TV nasional RAI 1. Toninelli juga menyebut bakal menuntut denda besar terhadap perusahaan itu.  "Saya sudah memberi mandat kepada jajaran kementerian saya untuk memulai seluruh proses pencabutan konsesi dari perusahaan ini dan mengupayakan sanksi kekuangan," kata dia. 

Jembatan Morandi, dinamai sesuai nama insinyur perancangnya, menjadi bagian jalan tol A10 yang dikelola Autostrade.

Toninelli menyatakan pula bakal melakukan pemeriksaan struktural secara nasional terhadap semua jembatan dan terowongan lama di Italia. Dia juga berencana melakukan program untuk rehabilitasi infrastruktur jika diperlukan.

Sumber : Reuters